Perbankan

Masuk Tim Sukses, Meneg BUMN Desak Komisaris dan Direksi BUMN Harus Mundur

Masuk Tim Sukses, Meneg BUMN Desak Komisaris dan Direksi BUMN Harus Mundur
Meneg BUMN Erick Thohir bersama Presiden Joko Widodo/Sumber Foto: Setkab.go.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendesak komisaris maupun direksi BUMN yang terlibat dalam kampanye partai politik maupun tim pemenangan calon presiden harus mundur dari jabatan. Bahkan pemerintah telah mengeluarkan surat kepada seluruh karyawannya untuk segera mengundurkan diri lantaran hal tersebut sudah tercantum dalam aturan di kementerian. “Kalau masuk ke tim kampanye ya harus mundur, harus kita ingatkan. Karena ada aturannya, ada undang-undangnya,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Jakarta, Kamis, (9/11/2023).

Hal ini disampaikan Erick terkait dengan mundurnya Arief Rosyid dari jabatan Komisaris PT Bank Syariah Indonesia (BSI), setelah ditunjuk menjadi komandan pemilih muda dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Lebih jauh Erick Thohir mengapresiasi langkah dan keputusan yang diambil oleh Arief Rosyid. “Ada aturannya, undang-undangnya karena itu saya menghormati keputusannya Arief Rosyid yang sejak awal BSI, sudah saya tugaskan untuk bagaimana mendorong pergerakan di anak muda ini, bisa lebih dekat dengan ekonomi syariah waktu itu,” kata Erick.

Menurt Erick, terdapat beberapa komisaris BUMN yang mundur dari jabatan. Saat ini, Erick bersama jajarannya sedang mencatat siapa saja komisaris yang meninggalkan jabatan untuk mencari penggantinya. Bahkan Indonesia masih memiliki banyak sumber daya manusia yang mampu untuk meneruskan pekerjaan para komisaris yang pergi. “Banyak figur bagus di Indonesia, kita jangan terjebak satu dua figur, apalagi makin hari bangsa Indonesia makin edukasi, etikanya makin bagus ya kita dorong figur-figur baru. Masa terjebak di satu dua figur aja,” kata Erick.

Selain Arief Rosyid, komisaris BUMN lain yang juga mundur dari jabatannya antara lain Eko Sulistyo dari PT PLN (Persero) dan Budiman Sudjatmiko Komisaris Independen PTPN V.***

Penulis : Iwan Damiri
Editor   : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top