Market

Politisi Nasdem Haerul Amri Apresiasi Universitas Pertamina Hasilkan Lulusan Cepat Kerja

Politisi Nasdem Haerul Amri Apresiasi Universitas Pertamina Hasilkan Lulusan Cepat Kerja
Anggota Komisi X DPR Fraksi Nasdem, Mohammad Haerul Amri/Foto: Chandra

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Anggota Komisi X DPR Fraksi Nasdem, Mohammad Haerul Amri memberikan apresiasi kepada pengurus Universitas Pertamina meski usianya perguruan tinggi masih mudah, namun sudah memberikan prestasi dan capaian-capaian yang bagus. “Yang penting lagi, dari 2.777 lulusan sejak 2020 ternyata 96% para alumninya telah bekerja, berwirausaha atau melanjutkan kuliah. Jadi hanya 4% yang mengaggur,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Rektor Universitas Pertamina Wawan Gunawan A Kadir di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Politisi Nasdem Haerul Amri Apresiasi Universitas Pertamina Hasilkan Lulusan Cepat Kerja

Lebih lanjut Sekjen Garda Pemuda Nasdem itu memberikan syair Arab yang cukup terkenal sebagai penyemat. “Bahwa tingginya derajat seseorang itu dilihat dari cita-citanya. Artinya, kalau seorang pemuda tak memiliki cita-cita yang tinggi atau tak punya mimpi, maka hanya akan menjadi sampah masyarakat.”

Legislator dari Dapil Jawa Timur II itu mendukung penyelenggaraan kegiatan ‘Scientific Paper Competition Universitas Pertamina’ (SPACE UP) 6.0 dengan tema ‘Peran Gen Z dalam Meningkatkan Poin SDGs pada Sektor Pendidikan’. Baginya, kegiatan ini akan membuka wawasan terkait isu pendidikan nasional terkini. “(SPACE UP 6.0) ini merupakan rangkaian kompetensi mahasiswa dari kegiatan UKM riset dan karya tulis ilmiah. Kami, Komisi X DPR mengapresiasinya karena memiliki tujuan yang positif seperti meningkatkan kemampuan berpikir solutif dan meningkatkan wawasan, khususnya bagi para mahasiswa,” papar Gus Aam-sapaan akrabnya.

Intelektual Muda NU itu mengapresiasi upaya Universitas Pertamina yang berupaya berkontribusi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, dimana salah satu dari 17 indikator Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam forum tersebut menyinggung soal implementasi kebijakan penetapan dan penyaluran beasiswa.

Menurut Rektor Universitas Pertamina Wawan Gunawan A Kadir, kebijakan beasiswa perlu dikaji ulang mengingat beasiswa seperti Bidikmisi, LPDP, IISMA, KIP Kuliah belum tepat sasaran. Tidak hanya itu, ia menyampaikan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) harus mempertimbangkan penyaluran beasiswa untuk para mahasiswa yang berada di perguruan tinggi swasta.

Menurutnya, negara perlu hadir untuk meringankan beban biaya pendidikan sesuai realisasi amanah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28C. Selain itu, Kadir mengusulkan agar Pemerintah Indonesia memberikan kebijakan afirmasi beasiswa S3 untuk guru besar, khususnya guru besar perempuan. Harapannya, dosen perempuan turut memperoleh peluang yang besar untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.***

Penulis  : Budiana
Editor    : Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top