Headline

Petani Tebu Jatim Dapat KUR Rp494 Miliar

SURABAYA-BNI wilayah Surabaya menyiapkan dana KUR hingga Rp 494 miliar khusus untuk petani tebu di Jatim. Dana itu akan disalurkan kepada petani tebu yang berada dibawah binaan 3 BUMN perkebunan yakni PTPN X, PTPN XI dan Rajawali Nusantara Indonesa (RNI). “Khusus untuk PTPN XI, BNI akan menyiapkan sekitar Rp 184 miliar guna disalurkan kepada petani,” CEO BNI Wilayah Surabaya, Risang Widoyoko dalam siaran persnya di Surabaya, Kamis (31/5/2016).

Sebelum kerjasama dengan sistem executing ini, BNI Wilayah Surabaya yang membawahi area Jatim sudah bekerjasama dengan PTPN XI pada tahun lalu untuk pembiayaan KUR langsung ke petani tebu yang ada di wilayah PTPN XI dengan sistm one on one. Hingga saat ini penyaluran KUR ke petani tebu seara one on one sudah mencapai Rp 11,9 miliar untuk 62 petani.

Lebih jauh CEO BNI Risang Widoyoko, menjelaskan dengan kerjasama ini, BNI akan bisa menyalurkan KUR ke banyak petani tebu dimana PTPN XI akan bertindak sebagai penjamin off taker.

“Kerjasama ini adalah kerjasama penyaluran KUR secara executing kepada para petani tebu melalui koperasi atau lembaga linkage yang ada dibawah binaan PTPN XI,” ujarnya.

Dalam kerjasama ini, lanjut Widoyoko, PTPN XI akan menjadi penjamin off taker atau menjamin membeli tebu petani karena bagi kami dari sisi perbankan ketika memberikan pembiayaan harus melihat bagaimana repayment capacitynya. “Jika ada off taker-nya maka kami berani menyalurkan KUR,” katanya.

Risang menambahkan, BNI wilayah Surabaya menyiapkan dana untuk KUR hingga Rp 494 miliar khusus untuk petani tebu di Jatim. Dana tersebut akan disalurkan kepada petani tebu yang berada dibawah binaan 3 BUMN perkebunan yakni PTPN X, PTPN XI dan Rajawali Nusantara Indonesa (RNI).

Khusus untuk PTPN XI, BNI akan menyiapkan sekitar Rp 184 miliar guna disalurkan kepada petani. Sebelum kerjasama dengan sistem executing ini, BNI Wilayah Surabaya yang membawahi area Jatim sudah bekerjasama dengan PTPN XI pada tahun lalu untuk pembiayaan KUR langsung ke petani tebu yang ada di wilayah PTPN XI dengan sistm one on one. Hingga saat ini penyaluran KUR ke petani tebu seara one on one sudah mencapai Rp 11,9 miliar untuk 62 petani.

Direktur Keuangan PTPN XI, Anang Abdul Qoyyum, menambahkan pembiayaan KUR yang disiapkan BNI akan membantu petani untuk berproduksi. Di wilayah PTPN XI, kebutuhan kredit petani tebu mencapai Rp 800 miliar. PTPN XI sudah menja.lin kerjasama dengan beberapa bank termasuk dengan BNI untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan dana petani dalam berproduksi.

“Saat ini kami sedang memasuki musim giling. Dana KUR ini disiapkan untuk musim tanam 2016-2017,” kata Anang.

PTPN XI juga menggandeng Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) untuk menyosialisasikan adanya dana KUR yang bisa dimanfaatkan petani untuk membantu modal tanam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top