Perbankan

NPL Rendah, Parta: Pelaku UMKM Bali Patuh Terhadap Bank Himbara

NPL Rendah, Parta: Pelaku UMKM Bali Patuh Terhadap Bank Himbara
Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta/Foto: Anjasmara

GIANYAR, SUARAINVESTOR.COM-Rendahnya angka Non-Peforming Loan (NPL) alias kredit macet dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari para pelaku usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Bali mendapat apresiasi DPR. Berdasarkan data Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN) menunjukkan nilai NPL tersebut rata-rata berada di angka nol koma. “Kami harus berterima kasih dengan kinerja dari dari pimpinan bank Himbara, (yaitu) BRI, BNI, Mandiri, dan BTN,” kata Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta melalui keterangan resminya, di Bali, Senin, (9/10/2023).

Lebih jauh Parta-sapaan akrabnya menjelaskan hal ini menunjukkan kepatuhan para pelaku UMKM dan pertumbuhan pinjaman KUR di Bali yang signifikan terutama untuk perbaikan pasca Covid-19. “Fasilitas yang dilakukan dalam rangka penyebaran kredit KUR terjadi kenaikan pertumbuhannya di Bali,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung Legislator dapil Bali itu menilai akses modal yang diberikan Bank Himbara kepada para pelaku UMKM di Bali berjalan baik. “Hal ini terbukti dengan naiknya pertumbuhan pemanfaatan KUR di Bali,” paparnya lagi.

Menurut Parta, banyaknya tambahan pertumbuhan pinjaman KUR juga menunjukan UMKM di Bali pasca Covid-19 terjadi perbaikan yang sangat signifikan.
“Di luar itu juga harus juga diberikan apresiasi kepada para pelaku UMKM di Bali,” ucapnya.

Dikatakan Parta, dari data yang ditampilkan, baik dari seluruh bank himbara, tingkat NPL-nya atau tingkat kemacetannya semua datanya nol koma. Itu menunjukkan kepatuhan dari para pelaku UMKM di Bali yang meminjam KUR itu sangat tinggi, itu amanah. “Mungkin karena orang Bali percaya adanya karma, percaya dengan adanya karmaphala,” tutur Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.***

Penulis      :    Iwan Damiri

Editor        :    Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top