Industri & Perdagangan

Kasus Kilang Minyak Cilacap, Komisi VII DPR Diminta Panggil Dirut Pertamina

dpr.go.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kasus kebakaran kilang minyak milik PT Pertamina kembali terjadi. Kali ini Kilang minyak Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terbakar, Jumat (11/6/2021).

Peristiwa ini mengingatkan kembali terbakarnya, kilang minyak Pertamina, Balongan, Indramayu, April 2021 lalu. Rawannya kasus kebakaran kilang minyak ini menjadi sorotan DPR.
“Perlu ada audit teknis mengapa sering terjadi kebakaran,” kata Anggota Komisi VII DPR Sartono Hutomo kepada wartawan di Jakarta, Minggu, (13/6/2021).

Lebih jauh malah Sartono mempertanyakan sistem keamanan yang ada pada BUMN Migas ini. “Apakah maintenaincenya kurang memadai, atau apakah juga ada hal-hal lain di luar teknis?,” tanya Polisi Demokrat.

Akibat kebakaran kilang minyak ini, Sartono minta agar Komisi VII DPR segera memanggil Direksi Pertamina untuk meminta penjelasan.
“Saya akan usul ke pimpinan komsi VII untuk segera mengadakan RDP dengan Dirut pertamina atau segera mengadakan kunjungan kerja spesifik ke lokasi,” imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, meninjau langsung penanganan insiden kebakaran di area tangki penyimpanan Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil tinjauan pada Sabtu (12/6/2021), Nicke mengatakan, tim emergency Pertamina Kilang Cilacap telah berupaya maksimal melakukan pemadaman api.

Saat kunjungan tersebut, ia menyampaikan satu titik api yang telah dipadamkan, namun muncul satu titik api lagi yang saat ini harus diselesaikan.

“Kami meminta kepada Tim Emergency untuk fokus segera menyelesaikan titik kebakaran yang masih terjadi dan Alhamdulillah tidak ada korban,” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (13/6/2021).

“Standar safety yang diterapkan Kilang Cilacap betul-betul aman, tinggal masalah waktu dan bagaimana penanganan agar lebih ofensif dan proses pendinginan terus dilakukan,” tambahnya.

Selanjutnya, atas insiden ini Nicke menekankan dua hal, pertama, operasional kilang tidak terganggu dan masih berjalan seperti biasa.

Kedua, pelayanan kepada masyarakat dan customer tetap terlaksana dengan baik. Pasalnya, Pertamina memiliki pemasok cadangan, yakni Kilang TPPI, Jawa Timur.

“Komitmen kami dalam penyediaan BBM dan elpiji kepada masyarakat tidak akan terganggu, serta komitmen kepada customer khusus benzene semua sudah terpenuhi,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (11/5/2021) pukul 19.45 WIB. Salah satu tangki yang berisi benzene di area kilang itu terbakar.

“Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 WIB dan penyebab kebakaran masih belum diketahui,” ujar Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap – Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, Hatim Ilwan dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021). ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top