Perbankan

BSI Kelola Dana Haji Rp12,5 Triliun

BSI Kelola Dana Haji Rp12,5 Triliun
Kantor BSI, Cabang Cipondoh, Tangerang/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COMPT.Bank Syariah Indonesia (BSI) mengungkapkan bahwa mengelola Rp12,5 triliun tabungan haji dengan jumlah nasabah sebanyak 4,6 juta orang. Adapun tahun lalu market share BSI terkait pelunasan OHN mencapai 85 persen. “Outstanding tabungan haji itu di BSI ada sekitar 4,6 juta penabung dengan total dana mungkin sekitar hampir Rp12,5 triliun. Kami adalah bank yang ditunjuk oleh BPKH untuk menerima setoran haji, tabungan, dan juga OHN (Ongkos Naik Haji),” kata Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi di Jakarta, Se;asa (19/3/2024).

Lebih jauh Hery menambahkan bahwa untuk memudahkan nasabah bertransaksi ketika mengunjungi Tanah Suci, pihaknya menyediakan Kartu Debit Mabrur yang dapat digunakan untuk berbelanja dengan mesin EDC maupun menarik uang tunai di mesin ATM berlogo “VISA”. “Jadi memudahkan supaya tidak usah bawa uang tunai. Karena setahu saya BPKH itu ketika jemaah haji datang ke sana uang dibagi di sana cash ya, ‘kan kurang elok gitu,” terangnya lagi.

Guna melayani nasabah yang mengalami kesulitan saat menggunakan kartu debit tersebut, ia mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menyediakan help desk di Mekah dan Madinah.

Dikatakan Hery, bahwa kini pihaknya telah menyediakan bantuan tersebut di Jeddah dan akan menambah personel untuk memperlancar layanan. “Nanti kita akan tambah lagi orangnya pada musim haji ini untuk membantu jamaah-jamaah Indonesia kalau memang ada kebutuhan, ya, misalnya kartunya tidak bisa dipakai atau tidak bisa bertransaksi,” imbuhnya.

Berdasarkan data Kementerian Agama RI mencatat sebanyak 241.000 orang akan berangkat haji pada tahun ini. Dari jumlah tersebut, BSI memperkirakan 83 persen di antaranya merupakan calon haji reguler nasabah BSI. Sementara pada 2023 lalu, BSI telah melayani 81 persen calon jamaah haji di Tanah Air. BSI memperkirakan adanya lonjakan trafik pelunasan haji pada periode dua minggu terakhir penutupan. Adapun pemerintah telah memperpanjang masa pelunasan biaya perjalanan haji hingga 23 Februari 2024, yang sebelumnya dibuka mulai 10 Januari hingga 12 Februari 2024. Biaya haji yang dibayar jemaah pada tahun ini mencapai Rp56 juta per orang.***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor    : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top