Perbankan

Oktober 2022, BI: Transaksi Digital Banking Tembus Rp5.184 triliun

Oktober 2022, BI: Transaksi Digital Banking Tembus Rp5.184 triliun
Nasabah Bank DKI melakukan transaksi digital/Foto: Humas Bank DKI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COMBank Indonesia (BI) menyebut bahwa nilai transaksi digital banking meningkat 38,38 persen pada Oktober 2022. Terjadi kenaikan dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021 (year-on-year/yoy) menjadi Rp5.184,1 triliun.

Nilai transaksi Uang Elektronik (UE) pada periode yang sama juga tumbuh 20,19 persen (yoy) mencapai Rp35,1 triliun. “Peningkatan transaksi digital banking maupun UE sejalan dengan normalisasi mobilitas masyarakat,” kata Gubernur BI, Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis,(17/11/2022).

Dengan demikian, kata Perry, transaksi ekonomi dan keuangan digital mengalami kenaikan, ditopang oleh meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital, serta akselerasi digital banking.

Lebih jauh Perry menjelaskan penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pun terus didorong, serta melanjutkan pengembangan fitur serta layanan QRIS, termasuk perluasan QRIS antarnegara seiring dengan telah tercapainya target 15 juta pengguna baru QRIS pada Oktober 2022.

Sementara itu, kata dia, nilai transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM, kartu debet, dan kartu kredit, mengalami peningkatan 23,52 persen (yoy) menjadi Rp691,6 triliun. “BI terus meningkatkan efisiensi sistem pembayaran melalui penguatan kebijakan dan akselerasi digitalisasi sistem pembayaran untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” terangnya lagi.

Di sisi lain, Perry mengungkapkan jumlah Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada Oktober 2022 meningkat 6,04 persen (yoy) mencapai Rp905,9 triliun. BI terus memastikan ketersediaan uang rupiah dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).***

Penulis   : Iwan Damiri
Editor     : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top