Market

UMN Ajak Mahasiswa Kuasai Teknologi Kecerdasan Buatan

UMN Ajak Mahasiswa Kuasai Teknologi Kecerdasan Buatan
Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru dan Kuliah Perdana untuk menyambut Mahasiswa Baru UMN 2023/Foto: A Rohman

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru dan Kuliah Perdana untuk menyambut Mahasiswa Baru UMN 2023 pada Jumat (25/8/2023). Kuliah ini mengajak Mahasiswa Baru 2023 untuk lebih mengenali dunia Artificial Intelligence (AI) terutama kaitannya dengan masa depan dunia kerja di era gempuran AI.

Sidang terbuka senat dan kuliah perdana merupakan salah satu rangkaian puncak acara dari Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) UMN, yang diadakan setiap tahunnya sebagai bentuk penerimaan mahasiswa baru Universitas Multimedia Nusantara. Pada tahun akademik 2023/2024 ini kuliah perdana diadakan pada Jumat (25/8/2023) di Universitas Multimedia Nusantara, dan tayangannya juga disiarkan melalui YouTube.

AI sendiri merupakan kemampuan komputer atau robot yang dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia dengan kecerdasannya.

Kuliah perdana tahun ini bertemakan

Unggul Bersama Artificial Intelligence (AI). Di perkuliahan ini diulas penjelasan mengenai AI, prediksi perkembangan AI selama mahasiswa kuliah hingga mereka lulus, tantangan yang dihadapi dengan perkembangan AI ini, peluang yang akan ada seiring perkembangan AI, hingga kiat-kiat memanfaatkan AI selama perkuliahan.
Sidang senat ini mengajak mahasiswa untuk mengetahui lebih dalam tentang AI. Sehingga mahasiswa akan lebih mengetahui perkembangan teknologi saat ini dan tidak asing dengan dunia AI untuk mempermudah pekerjaan. Salah satu teknologi di revolusi industri 4.0 yang banyak diperbincangkan saat ini adalah AI, kecerdasan buatan menggunakan teknologi di bidang ilmu komputer.

Terima Mahasiswa Baru

Tahun ajaran kali ini UMN menerima 2.752 mahasiswa baru, yang dihadiri juga perwakilan mahasiswa UTS Global Ambassador Scholarship, mahasiswa penerima beasiswa Afirmasi, mahasiswa beasiswa KIP. Sidang senat dihadiri oleh Rektor UMN, Dr. Ninok Leksono, yang menyambut Mahasiswa Baru UMN 2023 dengan hangat. Ia juga menyampaikan pesan pada Mahasiswa baru 2023 untuk meningkatkan soft skill dan persahabatan.

Ninok mengutip peribahasa Prancis yang terjemahannya “Mereka yang mendapat kehormatan, memikul tanggung jawab,”. Ia menyebut, “Mahasiswa supaya merenungkan lagi tujuannya belajar.” Menurutnya, kelulusan bukanlah sekadar mengejar ijazah, tapi juga kualitas hidup dengan keahlian-keahlian lain.
Kuliah perdana tahun ini menghadirkan Citra Giofany sebagai keynote speaker, yang juga alumni Prodi Management UMN 2013, yang saat ini juga merupakan Global Account Director Strategic Conglomerate di SAP Indonesia.

Ninok menuturkan ucapan terima kasih dan syukurnya telah menyelesaikan studi di UMN. Ia memotivasi mahasiswa baru bahwa pilihan kuliah di UMN itu tepat karena melek teknologi. “Skill apa yang harus saya bangun sekarang, sehingga ketika lulus nanti, saya punya skill apa?” kata Citra. Baginya, kita harus mimpi setinggi-tingginya, bahkan sampai ke bulan, sejelek-jeleknya kita jatuh di antara bintang-bintang.

Citra memaparkan kelebihan-kelebihan AI dan menekankan tak perlu ada kekhawatiran manusia akan digantikan oleh AI. Baginya, AI adalah asisten atau co-pilot dan kita (manusia) adalah pilotnya. AI mengerjakan tugas-tugas yang repetitif, sehingga manusia bisa fokus ke tugas yang lain.

Citra juga mencontohkan kerja sebagai jurnalis menggunakan AI. Jurnalis bisa menangkap peristiwa lalu AI generate draft awal. Dengan praktik itu, jurnalis punya output lebih banyak dan membuat konten lebih mudah. Meski jurnalis perlu mengecek lagi tulisannya apakah sudah bebas bias dan seterusnya. “Dengan adanya AI bisa mengurangi repetitive task supaya lebih fokus. Namun jangan takut digantikan oleh AI, karena AI tidak mungkin menyamai kecerdasan manusia. Untuk berkompetisi dengan AI, kita harus embrace perkembangan AI supaya bisa menciptakan kesempatan inovasi yang lebih banyak lagi. Focus on what really matters, only think about the essence” ujar Citra.

Sebagai informasi, Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 akan dimulai di Senin, 28 Agustus 2023. Sebelum memulai perkuliahan, di acara Kuliah Perdana ini para mahasiswa baru mengucapkan janji mahasiswa dengan lantang dan penuh rasa bangga.***

Penulis     :   A Rohman

Editor      :    Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top