Perbankan

Startup Asuransi Qoala Gaet BRI-Aruna Untuk Sasar Nelayan

Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Startup asuransi
(insurtech) Qoala menggaet perusahaan rintisan perikanan, Aruna mengembangkan produk asuransi mikro untuk nelayan. Qoala juga menggandeng pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan perusahaan asuransi BRI Life.

Co-founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Qoala Tommy Martin mengatakan, produk tersebut berupa asuransi jiwa. Ini mengingat nelayan merupakan pekerjaan berisiko tinggi. “Asuransi seharusnya bisa melindungi para pekerja di garis terdepan, dapat diakses dengan cepat dan mudah,” kata dia dalam siaran pers yang diterima oleh Katadata.co.id, Jumat malam (2/4/2021).

Qoala mengembangkan aplikasi untuk menyediakan produk. Premi untuk nelayan mulai dari Rp 50 ribu per tahun dengan manfaat hingga Rp 19 juta. Untuk proses klaim, nelayan akan dibantu tim Aruna di Aruna Site.

Aruna merupakan startup bidang kelautan dan perikanan yang didukung oleh East Ventures, AC Ventures, SMDV, dan investor lainnya. Per Januari, perusahaan telah menggaet 15 ribu nelayan.

Co-founder sekaligus General Director Aruna Utari Octavianty menyampaikan, para nelayan yang terdaftar di platform bisa memberikan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga kepada para Local Heroes di Aruna Site. “Tim kami ini yang melakukan input data ke platform Qoala,” kata dia.

Lokasi pertama yang menjadi percobaan untuk sosialisasi asuransi tersebut yakni Masalembu. Ini karena terletak di antara Selat Makassar, Laut Jawa, Laut Flores, dan Selat Lombok. Pertemuan tiga kawasan perairan itu dinilai menciptakan kekuatan fisis interaksi laut dan atmosfer secara alami, dengan risiko kecelakaan yang tinggi.

Namun, perairan ini juga memiliki potensi ikan yang berlimpah dan beragam. Selain itu, asuransi jiwa untuk nelayan itu akan diluncurkan di Ujung Genteng, Jenebora dan Papaan. “Bagi Aruna, nelayan merupakan mitra strategis yang perlu diperhatikan kesejahteraannya. Apalagi melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi,” kata Utari.

Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI Life Anik Hidayati menambahkan, sinergi dengan Aruna dan Qoala merupakan momentum untuk penetrasi produk mikro ke masyarakat luas, khususnya nelayan. “Kami optimistis, kerja sama ini akan berjalan dengan sangat baik dan prospektif. Di samping memberikan manfaat nyata untuk nelayan,” kata dia.

Sumber: Katadata.co.id

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top