Headline

Serunya Pertempuran Dua Kader NU di Jatim

JAKARTA-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memutuskan mengusung Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur di pilkada serentak tahun 2018.

Sebelumnya Partai Golkar dan NasDem telah lebih dulu mengumumkan mengusung Khofifah sebagai cagub Jatim.

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, Saifullah Yusuf dan Khofifah merupakan dua kader NU yang bisa saja head to head di Pilgub Jatim 2018. “Jika pun ada pasangan calon lainnya, itu hanya sebagai pemanis saja,” kata Ujang di Jakarta, Minggu (15/10/2017).

Menurut pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini keunggulan masing-masing antara Saifullah dan Khofifah jika head to head di Pilgub Jatim 2018 mendatang.

PDIP mendengarkan suara kiyai-kiyai NU Jawa Timur dalam mendukung Saifullah Yusuf yang sebelumnya memang sudah didukung PKB. Walaupun sebagian kiyai NU ada yang mendukung Khofifah. “Gus Ipul punya keunggulan karena dia di dukung PKB, yaitu partai penguasa di Jawa Timur. Selain itu, Saifullah adalah Incumbent dan juga dekat dengan para kiyai NU,” ungkap ujang.

Jika Presiden Jokowi merestui Khofifah maju pada Pilgub 2018 nanti, artinya kata Ujang, bisa saja ditafsirkan bahwa Pak Jokowi mendukung Khofifah. “Khofifah juga memiliki keunggulan. Dia Menteri Sosial RI dan juga Ketua PP Muslimat NU. Apalagi Khofifah pada periode yg lalu hanya kalah tipis oleh pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf,” tambahnya.

Namun, ketika ditanya soal peluang menang di antara kedua tokoh NU tersebut di Pilgub Jatim, Ia menjelaskan bahwa keduanya memiliki peluang yang sama dan kekuatan yang sama.
“Baik Khofifah maupun Saifullah Yusuf keduanya punya kans menang yang sama. Tinggal mengatur strategi dan pendekatan dengan rakyat Jawa Timur,” katanya.

Kedua-duanya kader NU, jadi sebenarnya siapapun yang jadi di antara mereka berdua tetap saja itu bisa dikatakan sebagai kemenangan NU juga di Jatim. “Pertarungan kedua kader NU itu akan berlangsung seru di Jatim,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top