Market

Semester I 2023, WINS Prediksi Laba Naik Jadi US$1,6 juta

Semester I 2023, WINS Prediksi Laba Naik Jadi US$1,6 juta
Ilustrasi/Sumber Foto: Dok WINS

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COMPT.Wintermar Offshore Marine Tbk memprediksi perolehan laba meningkat jadi US$1,6 juta dolar pada semester I 2023. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan kapal dan kepemilikan kapal, dengan fokus melayani industri lepas pantai laut itu memperkirakan meruap pendapatan meningkat 51 persen secara tahunan menjadi US$15,9 Juta pada semester I 2023. “Tinjauan bisnis kami untuk semester I 2023, pada periode ini, kami mengalami pemulihan kondisi bisnis yang signifikan, yang tercermin dari laba usaha yang meningkat menjadi US$1,6 juta dolar AS,” kata Finance Director PT Wintermar Offshore Marine Tbk, Lili Janto di Jakarta, Jumat, (16/6/2023).

Lebih jauh Janto menambahkan emiten berkode WINS mencatat tarif sewa kapal high tier telah meningkat sebesar 36 persen sepanjang tahun 2023, sementara tarif sewa kapal mid tier meningkat 8,4 persen dalam periode yang sama. “Saat ini masih ada 4 kapal yang tertunda aktivasinya akibat pengiriman peralatan proses overhaul yang memerlukan waktu yang lebih lama,” ujarnya.

Beberapa kapal WINS berada pada masa transisi kontrak sewa yang baru selesai pada semester I 2023 sehingga tingkat utilisasi kapal tersebut terpengaruh. “Namun kami senang melaporkan bahwa kondisi keuangan kami tetap kuat dan kondusif untuk melakukan ekspansi. Posisi gearing kami yang cukup rendah dan arus kas kami yang lebih baik memberikan ruang untuk pertumbuhan,” katanya.

Pada kuartal I 2023 kinerja WINS tercatat sedikit menurun dibandingkan kuartal sebelumnya sebagaimana tampak dari pendapatan sebesar 9,67 juta dolar AS yang menurun dari 11,84 juta dolar AS di kuartal IV 2022 dan laba kotor yang menjadi 1,7 juta dolar AS dari 3,6 juta dolar AS. “Namun demikian di kuartal I 2023 ini Wintermar tetap mempertahankan kinerja positif dengan ebitda 4,6 juta dolar AS pada kuartal I 2023 yang menunjukkan komitmen untuk memaksimalkan efisiensi dan menjaga profitabilitas,” pungkasnya.***

Penulis : Chandra
Editor   : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top