Industri & Perdagangan

Sarinah Sudah Mendunia, Mukhtaruddin: Tinggal Optimalisasi Bisnis, Bisa Jadi Besar

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-BUMN Perdagangan, PT Sarinah diminta tetap menjaga nilai branding sebagai ikon Indonesia walau dalam kondisi sulit sekalipun. Bagaimanapun juga sangat penting mempertahankan nilai-nilai lokal berkualitas dunia. “Sarinah ini luar biasa. Sarinah ini harus menjadi ikon di Republik ini. Di mata dunia, Sarinah ini sudah punya nama, tinggal optimalisasi Sarinah ini menjadi lebih besar lagi,” kata Anggota Komisi VI DPR RI Mukhtaruddin kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Politisi Golkar ini mengakui transformasi yang sedang dijalankan PT. Sarinah saat ini akan menentukan masa depan mereka dalam berjuang mempertahankan bisnis ritel negara. “Perusahaan ini sedang menghadapi dampak ganda akibat Covid-19 dan pemugaran tempat sehingga diperkirakan tahun ini mengalami kerugian,” ujarnya.

Revitalisasi gedung, kata Legislator asal Dapil Kalteng, dalam model yang dipresentasikan juga sesungguhnya sangat menarik dengan konsep old is new. “Makanya saya tertarik dengan transformasi yang dilakukan oleh Sarinah. Ini kuncinya, (Sarinah) harus bertransformasi apa lagi menjalani persaingan yang luar biasa. Transformasi menjadi kunci Sarinah untuk berkembang lebih pesat,” ujarnya.

Hal ini sangat menyesuaikan kondisi budaya masyarakat saat ini sehingga mungkin ketika dibuka kembali nanti akan mendapat atensi lebih dari masyarakat. “Gedung Sarinah adalah cagar budaya, sehingga sifatnya hanya renovasi dengan sentuhan-sentuhan modern dengan menyesuaikan kondisi kekinian,” ucapnya.

Dia mengapresiasi dan menyambut kebijakan PT Sarinah. Sehingga jangan juga Sarinah bertahan kepada kondisi yang sangat tradisional gitu ya, jadi harus transformasi kepada yang bersifat lebih modern.

Politisi dari Dapil Kalimantan Tengah ini pun menyarankan apabila renovasi telah selesai dilaksanakan, PT. Sarinah harus segera aktifkan bisnis segera, serta kembali menarik UMKM-UMKM untuk bekerja sama. Tentunya harus kembali mendapat edukasi dan pembinaan terlebih dahulu.

Sarinah sebagai pembina UMKM, sambung Mukhtarudin, penting untuk memberikan semacam itu. Bahkan memberi edukasi dan kepada pengrajin kelompok UMKM ini agar bisa mengelola packaging mereka di luar produknya sehingga menarik untuk dilihat. “Produk luar negeri itu kurang lebih sama saja, cuma karena packaging bagus jadi kelihatan mahal, maka packaging ini menjadi penting oleh Sarinah kepada mitra binaannya,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top