Industri & Perdagangan

Penjualan Sigra Tinggi, Capai 700-800 Unit Per Bulan Di Jatim

SURABAYA-Penjualan Astra Daihatsu, khususnya model Sigra di Jawa Timur mendapat respon tinggi. Bahkan menjadi andalan penjualan Astra Daihatsu di Jatim. Setiap bulan, pesanan bisa mencapai 700 sampai 800 unit. “Banyaknya pesanan tersebut belum bisa kami penuhi semua karena suplai dari pusat tiap bulan hanya 500 unit saja,” kata Area Manager Jatim PT Astra International Daihatsu, Budhy Lau dalam siaran persnya di Surabaya, Minggu lalu.

Dari total penjualan Daihatsu, kata Budhy, kontribusi Sigra menempati urutan pertama. Setelah itu, baru beberapa varian lainnya. Malah hingga pertengahan bulan November 2016, total penjualan Sigra sudah mencapai 2.200 surat pesanan kendaraan (SPK).

Pesatnya pertumbuhan Sigra, lanjut Budhy lagi, benar-benar diluar dugaan. Karena varian ini baru diluncurkan di wilayah Jatim 12 Agustus lalu. Tapi pasar langsung merespons dengan sangat positif. “Dalam waktu sekitar tiga bulan saja, kontribusi Sigra berada di peringkat pertama dari total penjualan Daihatsu di Jatim,” tegasnya.

Padahal, pasarnya pasar untuk LCGC 7 penumpang ini awalnya tidak ada. Tapi sekarang ada, bahkan terus membesar. “Di Jatim, pertumbuhan pasar LCGC 7 penumpang tercatat mencapai 138 persen,” imbuhnya.

Dari total pasar 1.600 per bulan di segmen ini, pangsa pasar Sigra sebesar 28,81 persen. Untuk itu, Budhy optimis hingga akhir tahun ini dapat menjual Sigra antara 2.700 – 3.000 unit. “Agar indennya tidak lama, kita minta suplai ditingkatkan,” tandasnya.

Khusus digelarnya test drive, pihaknya ingin agar konsumen yang telah mengantongi SPK, tapi belum mendapatkan unitnya dapat merasakan langsung mengendarai Sigra.

Dua bulan lalu, Marketing & CR Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyono mengatakan, Sigra dijadikan sebagai andalan di ajang GIIAS karena meski produk baru, ternyata langsung diterima pasar. Ini terlihat dari demand yang cukup bagus. “Padahal pada tahap awal ini, produksinya hanya dibatasi 6.000 unit setiap bulan,” ujarnya

Namun, hingga 25 September 2016, ternyata surat pesanan kendaraan (SPK) Sigra membludak, yakni mencapai 14.495 unit secara nasional.
Dari jumlah itu, yang sudah dikirim ke konsumen baru 6.662 unit. Ini berarti, yang inden mencapai 7.833 orang. “Indennya berkisar antara dua sampai tiga bulan,” jelas Hendrayadi. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top