Infrastruktur

Nyoman Parta Desak PLN Tuntaskan Proyek Listrik EBT di Bali

I Nyoman Parta, Komisi VI DPR

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR mendesak PLN serius menggarap dan mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT) di daerah-daerah, termasuk Bali. Bahkan PLN belum siap dengan segala perencanaan dan implementasinya di lapangan. “Salah satunya, Pemprov Bali yang telah melakukan MoU dengan PLN. Yang terlihat justru PLN tidak siap memfasilitasi Bali sebagai daerah yang menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT), alias energi bersih,” kata anggota Panja Energi I Nyoman Parta kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Malah ironisnya yang terjadi, kata Legislator asal Bali, PLTS yang sudah dibangun di Nusa Penida, justru tidak berfungsi secara maksimal. “Saya mohon ini dilakukan inspeksi ke lapangan dan dituntaskan proyek ini, karena memang sudah lama tidak berfungsi,” paparnya.

Apalagi proyek ini sudah terlanjur jalan dan uang negara yang sudah digunakan cukup banyak. Tak hanya itu pembangkitnya sudah ada, tapi tidak diurus dengan baik. “Sayang belum ada progres yang signifikan sampai hari ini. Bahkan mohon maaf yang baru dibangun adalah baru Rooftop saja di kantor-kantor PLN,” terangnya.

Lebih jauh Nyoman mempertanyakan kekuatan Rooftop yang sudah terlanjur dipasang tersebut. “Berapa sih daya yang bisa dikontribusikan, paling untuk kebutuhan di tingkat internal PLN sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Dirut PLN Darmawan Prasojo mengakui ada beberapa proyek listrik yang mandeg, alias tak jalan. Namun dari hasil kajian ada 23 proyek yang layak untuk diteruskan. Karena memang proyeknya masih memungkin untuk dilanjutkan. “Sedangkan 11 proyek sebesar 137 MW masih dalam pengawasan kami. Jadi belum ada keputusan, untuk dilanjutkan atau tidak,” katanya dalam raker Senin (3/2/2020).

Diakui Darmo-sapaan akrabnya, proyek-proyek ini bagian dari masa lalu, tapi dari 629 MW ini sekitar 500 MW untuk kembali dilanjutkan. “Sisanya masih dalam pengawasan PLN,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top