Nasional

MPR Minta Kaum Millenial NTT Jangan Terpapar Ideologi Anti Pancasila

Anggota MPR RI, NM Dipo Nusantara Sedang Menggelar Sosialisasi 4 Pilar/Foto: Dok Pribadi

SIKKA, SUARAINVESTOR.COM-Masyarakat khususnya kaum muda diminta waspada dan hati-hati agar tidak terpapar paham-paham lain. Bahkan termasuk ideologi lain, yang cenderung tidak menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. “Beberapa tahun belakangan ini, bangsa kita mulai dihadapkan dengan ujian-ujian komitmen kebangsaan, masuknya ideologi- ideologi trans nasional dan radikal yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Anggota MPR RI, N M Dipo Nusantara Pua Upa sosialisasi 4 pilar Kebangsaan di Kab Sikka, tepatnya di Desa Lepolima, Kec Alok Timur, Senin (28/3/2022).

Dalam sosialisasi ini hadir beberapa perwakilan tokoh pemuda,Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan tokoh Wanita dari beberapa kecamatan. “Pasalnya, paham yang bersebrangan dan tidak sejalan dengan Pancasila terkesan ingin memecah belah bangsa yang beranekaragam ini,” ujarnya.

Legislator dari Dapik NTT I ini menegaskan Empat Pilar atau konsensus yang menjadi dasar dari ideologi negara tidak dapat diganggu gugat yakni Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika dan NKRI. “Inilah yang menjadi dasar dari sebuah keutuhan bangsa karena negara akan tetap kuat, jika semua pihak memegang teguh ideologi yang sudah ditanamkan,” tegasnya.

Mantan Wakil Ketua GP Anshor mengungkapkan dengan kekayaan budaya yang ada di Indonesia tidak mudah mempersatukan secara sekaligus, maka dibutuhkan sebuah pegangan dan pijakan untuk tetap kokoh dan tidak terombang-ambing untuk kita dapat menentukan arah dan orientasi.

Menurutnya, Pancasila dan Undang- Undang Dasar telah mencantumkan nilai-nilai ketuhanan. Bahkan banyak orang menjadikan agama sebagai nilai yang dapat menuntun untuk suatu tujuan dan arah yang jelas. “Itu merupakan contoh sederhana untuk menjelaskan bahwa bangsa membutuhkan yang namanya ideologi dan Pancasila merupakan ideologi dasar negara Indonesia yang mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat,” jelasnya.

Mari bersama-sama menjaga komitmen kebangsaan. Karena ini merupakan fondasi dan pandangan hidup bangsa agar tetap utuh dan jaya sampai kapanpun.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Lokal, Idelfonsa Natalia Yonista Ketua OMK Holly Spirit dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Anggota MPR, Dipo Nusantara yang terus memberikan perhatian dan penguatan kepada masyarakat di tengah dalam situasi pandemi seperti saat ini.

Maria menambahkan dewasa ini situasi adanya peningkatan kembali kasus covid-19, termasuk di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) memang dibutuhkan aksi nyata dari semua elemen sebagai wujud solidaritas dan kebersamaan semua elemen bangsa yang bersatu meskipun berbeda-beda suku, agama, dan golongan. “Sehingga terwujud nilai nilai keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam sila ke 5 Pancasila,” pungkasnya. ***

Penulis      :   Arpas

Editor       :    Budiono

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top