Perbankan

Lewat Kartu Tani, Petani Tebu Terakses Dengan Perbankan

JOMBANG- Petani tebu yang berada di lingkungan Pabrik Gula (PG) Tjoekir Jombang terakses dengan perbankan. Jumlah petani tersebut diperkirakan mencapai 904 orang. Karena berada dibawah naungan PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) Kabupaten Jombang. “Keberadaan sinergi bank BUMN seperti BRI, BNI dan Mandiri juga akan menjadi tulang punggung dari penyebaran kartu ini ke seluruh petani,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno dalam siaran persnya.

Menurut Rini, Kartu Tani
sebagai bagian modernisasi sektor pertanian Indonesia dan untuk memfasilitasi petani agar mendapatkan berbagai kemudahan. “Kami berharap petani tebu seluruhnya satu bulan ke depan sudah selesai mendapatkan Kartu Tani, kemudian direncanakan petani bawang merah yang memasuki pendataan,” tambahnya.

Pendataan seluruh petani di Indonesia untuk semua sektor pertanian memang mudah, namun yang paling berat adalah pemetaan dan harus mempunyai lokasi lahan, sehingga akan tahu persis hasil dari pertanian tersebut.

Rini secara pasti tidak menyebut kapan semua sektor petani mendapatkan Kartu Tani, namun pihaknya meminta pemerintah daerah untuk membantu dalam pendataan dan pemetaan petani, sehingga memudahkan program pemberian Kartu Tani.

Ia mengatakan langkah awal pemberian Kartu Tani sengaja dipilih untuk petani tebu, khususnya di wilayah Kabupaten Jombang, karena sudah ada sinergi yang menghubungkan antara pabrik gula dan perbankan.

Sehingga, kata Rini diharapkan dengan adanya Kartu Tani akan membuat petani tebu merasa tenang, karena sudah ada kepastian pembeli hasil panen dan memberikan kesejahteraan petani. “Petani tebu sudah bisa tenang karena pada saat menanam sudah ada yang membeli dan petani juga sudah mendapatkan keuntungan yang cukup,” katanya.

Lebih jauh Rini menegaskan ke depan, akan disiapkan untuk petani di daerah lainnya serta tidak terbatas pada komoditas tebu saja, melainkan juga komoditas pangan lain agar bisa mencapai tujuan swasembada pangan.”Dan menjadi basis data petani yang akurat dan terintegrasi,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top