Investasi

Komite III DPD RI Apresiasi Program SP2T Sebagai Wujud Hadirnya Negara bagi Pekerja Migran

Komite III DPD RI Apresiasi Program SP2T Sebagai Wujud Hadirnya Negara bagi Pekerja Migran
Evi Apita Maya Wakil Ketua Komite III hadir pada Peringatan Hari Pekerja Migran Internasional/Migrant Day/foto anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Evi Apita Maya Wakil Ketua Komite III hadir pada Peringatan Hari Pekerja Migran Internasional/Migrant Day, sebagai representasi lembaga DPD RI yang berkelanjutan untuk berpihak pada pelindungan dan kesejahteraan pekerja migran.  Keberlanjutan komitmen negara, dalam hal ini BP2MI untuk terus memikirkan dan melakukan langkah-langkah strategis agar PMI bisa hidup lebih baik. “Sehingga kemakmuran PMI dapat terealisasi sesuai amanah konstitusi,” katanya ditemui wartawan usai acara tersebut, Jakarta, Sabtu (18/12/2021).

Perayaan ini diselenggarakan oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) sebagai momentum memastikan kehidupan pekerja migran lebih baik. Perayaan bertema “Migran Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya” merupakan wujud pengakuan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang merupakan pahlawan keluarga sekaligus pahlawan devisa. Data menunjukan per-April 2021, sumbangan devisa dari pekerja migran mencapai 159,6 triliun rupiah setiap tahunnya. Penyumbang kedua terbesar setelah migas yang mencapai 159,7 triliun rupiah.

Evi Apita Maya, yang juga senator dari NTB, mengakui, PMI memiliki kontribusi besar. Tidak hanya dari sisi kontribusi ekonomi bagi negara. Namun, lebih dari itu, turut mensejahterakan keluarga dan berpengaruh pada pengurangan angka pengangguran dalam negeri. Meski demikian, kontribusi besar dari pekerja migran harus diikuti hadirnya negara secara nyata untuk memastikan PMI terlindungi hak-haknya dan terjamin keamanannya.

Di sisi lain, Evi mengapresiasi BP2MI, karena telah melakukan terobosan bermakna melalui skema _Special Placement Program to Taiwan_ (SP2T). Terobosan ini menunjukan upaya negara hadir menjadi solusi bagi PMI. Program SP2T ditujukan untuk menghilangkan praktik jual beli ‘job atau fee agency’ yang membebani PMI. Keuntungan program ini, prosesnya transparan, melindungi PMI dan diikuti kemudahan serta penyederhanaan proses penempatan.

Evi berharap, keberlanjutan komitmen negara, dalam hal ini BP2MI untuk terus memikirkan dan melakukan langkah-langkah strategis agar PMI bisa hidup lebih baik. “Sehingga kemakmuran PMI dapat terealisasi sesuai amanah konstitusi,” ungkapnya.

Pada acara tersebut juga diputarkan vidio ucapan dari tokoh Nasional, salah satunya dari Ketua Komite III DPD RI, Sylviana Murni.

Sylviana Murni mengucapkan Selamat Hari Migran Internasional bagi Pekerja Migran Indonesia. “Bagi kami Pekerja Migran Indonesia adalah seorang pahlawan, Pahlawan Devisa yang sudah selayaknya diperlakukan hormat oleh negara. Mari kita wujudkan bersama ‘Migran Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya.
Dari Daerah Untuk Indonesia,” pungkasnya. ***

Penulis   :  Arpaso

Editor    :  Budiono

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top