Perbankan

Komisi XI DPR: Panja OJK Dalami Soal Revisi Anggaran

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie OFP menegaskan masalah revisi anggaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan dibahas dan didalami saat Panja OJK. Namun begitu beberapa anggota Komisi XI DPR sudah menyoroti masalah anggaran OJK tersebut. “Adapun Panja akan terbagi menjadi tiga kelompok berdasarkan industri pengawasannya,” katanya saat raker dengan Ketua OJK dan DK OJK di Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Adapun tiga kelompok Panja tersebut, antara lain Panja Perbankan, Panja IKNB dan Panja Pasar modal. “Soal bagaimana yang hadir, biar nanti Pak Wim yang mengaturnya,” ujarnya saat memimpin Rapat Kerja tersebut.

Lebih jauh kata Anggota Fraksi PDIP, dalam Rapat Panja yang sudah dilakukan sebelumnya, ada beberapa thematik yang mucul dalam pembahasan masalah.

Pertama, soal masalah penguatan regulasi terkait dengan bisnis proses OJK. Kedua, penguatan terhadap kelembagaan OJK, baik terkait teknologi IT, SOP dan SDM. Lalu, ketiga, bagaimana soal penguatan serta pengawasan yang terintegrasi yang merupakan filosofi dari terbentuknya OJK. “Jadi khusus pada revisi anggaran OJK, terkait dengan fungsi-fungsi pengawasan, akan diperincui saat Panja nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DK OJK Wimboh Santoso menegaskan OJK mendukung masalah revisi anggaran yang akan dibahas dalam Panja, terutama untuk hal-hal yang prioritas. “Misalnya, soal sewa-sewa gedung, mau tak mau kita harus membayarnya. “Jadi ini faktor yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan kinerja OJK,” ungkapnya lagi.

Lebih lanjut Wimboh mengaku bahwa cara kerja OJK termasuk soal bisnis proses menjadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Karena itu cara kerja menjadi sangat penting, termasuk cara kerja pengawasan yang harus dengan teknologi. “Sehingga kita mendukung langkah-langkah itu, nantinya akan memperlacar kerja OJK,” ujarnya.

Menurut Wimboh, cara kerja akan berpengaruh pada metodologi, terutama dalam melakukan pengawasan, karena perlu pemahaman baru. “Misalnya terhadap understanding tentang produk, begitupun understanding tentang teknologi,” pungkasnya. ***

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top