Nasional

KH. Hasyim Muzadi Wafat

JAKARTA – Innalillahi wainnailaihi raijiun, telah berpulang ke rahmatullah mantan Ketua Umum PBNU periode 1999-2010 KH Hasyim Muzadi, wafat pada Kamis (16/3) sekitar pukul 06.25 WIB. Kabar duka ini sudah menyebar melalui dunia maya dan memenuhi halaman media massa.

“Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-faatihah,” tulis Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin melalui akun Twitter pribadinya pada Kamis (16/3/2017). Almarhum akan dimakamkan di Pesantren Al-Hikam Malang.

Sebelumnya pada Rabu Presiden Joko Widodo menjenguk anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tersebut dan mendoakan agar KH. Hasyim segera sembuh. Presiden yang datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan Istana Negara disambut oleh istri dan putra KH. Hasyim.

Dimana kondisi kesehatannya terus menurun dalam seminggu terakhir ini meski sudah dirawat di Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang.

Kiai Hasyim merupakan salah satu tokoh NU yang berkiprah hingga di tingkat internasional. Hingga kini beliau tercatat sebagai Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS).
Pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah di Tuban, Jawa Timur pada tahun 1950, dan menyelesaikan pendidikan tingginya di Institut Agama Islam Negeri Malang, Jawa Timur pada tahun 1969.

Pada tahun 1992 ia terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang kemudian mengantarkannya menjadi Ketua Umum PBNU pada tahun 1999. Tercatat, suami dari Hj. Muthomimah ini pernah menjadi anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur pada tahun 1986 dari PPP.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top