Nasional

Jenazah Ditolak, DPR Minta Prosedur Pemakaman Covid-19 Disosialisasikan Secara Masif

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Menyusul penolakan sebagian masyarakat terhadap pemakaman jenazah Covid-19, Ketua DPR Puan Maharani minta Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama tokoh untuk menyosialisasikan dengan masif pada masyarakat.

“Kemenkes dan stckholder bersama tokoh masyarakat agar melakukan sosialisasi dan edukasi secara massif kepada masyarakat sesuai Standard Operational Procedure (SOP) dan protokol kesehatan pemakaman jenazah covid-19,” demikian Puan Maharani, Rabu (8/4/2020).

Dengan sosialisasi Puan berharap tidak menimbulkan kecemasan dan ketakutan masyarakat akan terjadinya penularan jika jenazah dimakamkan di wilayah mereka.

Bahasa dan cara sosialisasinya tentu menurut Ketua DPP PDI-P itu perlu dibuat sesederhana mungkin agar setiap masyarakat, baik itu di kota maupun di desa, dapat benar-benar memahami dan yakin bahwa tidak ada yang perlu ditakuti dari pemakaman jenazah covid-19 yang sudah dilakukan sesuai prosedur protokol kesehatan.

“DPR juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aksi penolakan jenazah covid-19, mengingat jenazah sudah ditangani sesuai prosedur protokol kesehatan dan harus segera dimakamkan,” tutur Puan.

Di saat-saat seperti ini justru kata Puan, semua harus menunjukkan sikap kerukunan dan gotong royong yang sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top