Investasi

Investasi Jatim Melonjak 25% Pada 2016

SURABAYA-Realisasi target investasi di Jawa Timur terus digenjot. Setidaknya Pemprov Jawa Timur mengungkapkan adanya peningkatan realisasi itu sekitar 25% pada 2016. Padahal realisasi  pada 2015  hanya mencatatkan nilai sebesar Rp 128,2 triliun. “Untuk itu, kami akan terus mengejar calon investor yang sudah mengantongi izin prinsip agar segera merealisasikan investasinya,” kata Kepala Badan Penanaman Modal Pemprov Jawa Timur Lili Soleh Wartadipradja, Selasa

Berdasarkan data realisasi investasi Jatim akhir 2015 tersebut lebih rendah 11,6% ketimbang akhir tahun 2014 yang menyentuh Rp 145 triliun. Realisasi tersebut juga yang terendah di Jatim dalam  empat tahun terakhir, dan lesunya ekonomi global sepanjang tahun 2015. Ujungnya, berimbas pada lesunya manukfaktur di Jatim. “Realisasi investasi  2015 jauh di bawah target Rp 160 triliun, ini karena adanya pelemahan ekonomi dunia, dan membuat investor asing menahan realisasi penanaman modal di dalam negeri,” tambahnya.

Akibat penurunan tersebut, kata Lili, pengusaha domestik banyak terpengaruh, dan terlihat dari realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang anjlok 52,2% menjadi Rp 20,3 triliun. “Biaya impor bahan baku yang juga kian tinggi mengakibatkan depresiasi rupiah, dan membuat pengusaha Tanah Air menunda realisasi investasi,” tegasnya.

Selain itu, juga dibarengi dengan tingginya upah minimum pekerja yang tidak seimbang dengan produktivitas tenaga kerja, sehingga membuat wilayah Jatim kurang kompetitif. “Pada 2015, Jatim mematok upah minimum kota atau kabupaten sebesar Rp 1,15 juta hingga Rp 2,71 juta, hal ini yang membuat calon investor lebih melirik Filipina atau Vietnam yang memiliki upah minimum lebih rendah,” katanya.

Oleh karena itu, Lili berharap realisasi investasi pada 2016 di Jatim bisa sesuai target awal, yakni Rp160 triliun, atau meningkat 25% daripada realisasi yang didapat pada 2015 yang hanya mencapai Rp 128,2 triliun. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top