Investasi

Petrokimia Suntik Modal 77 UKM Binaan Senilai Rp7,3 Miliar

GRESIK-PT.Petrokimia Gresik (PG) mengucurkan pinjaman Rp7,3 miliar untuk 77 UKM mitra binaan. Para UKM binaan itu berasal dari Gresik, Blora, Bojonegoro, Jombang, Lamongan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, dan Tuban. Jumlah penerima sebanyak 77 UKM dengan total anggota mencapai 574 orang. Mereka adalah UKM mitra binaannya PT PG,” kata Direktur Utama PG Nugroho Christijanto, Rabu (22/6/2016).

Para UKM tersebut bergerak di empat sektor usaha, yaitu pertanian yang menerima Rp 3,49 miliar, peternakan Rp 3,18 miliar, perdagangan Rp 320 juta, dan industri mendapat kucuran sebesar Rp 40 juta. “Harapan kami, mereka mampu menjadi UKM unggul, menembus pasar ekspor, dan bersaing dengan pelaku usaha UKM luar negeri,” tambahnya.

Menuru Nugroho, suntikan modal kerja ini diperuntukan bagi UKM yang memang sedang tumbuh dan berkembang. Adapun tujuannya adalah agar pelaku usaha UKM dapat mengelola unit usahanya secara lebih baik, produktif, dan profesional. “Program ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap upaya pemerintah dalam mendorong UKM Indonesia agar memiliki daya saing tinggi, inovatif, dan kreatif,” sambung Nugroho Christijanto.

Program ini, lanjutnya, merupakan komitmen PG untuk membantu pelaku usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya. Harapannya, mereka mampu menjadi unit usaha yang produktif dan menggerakkan roda perekonomian setempat. “Jika UKM maju dan berkembang, jelas akan membuka lapangan pekerjaan, berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD), mendorong perkembangan usaha terkait, dan sebagainya,” tukasnya.

Pada tahun 2016, PG berencana menyalurkan pinjaman modal Rp 39,57 miliar. Sampai dengan Mei 2016, PG telah menyalurkan Rp 4,16 miliar atau 10,53 persen dari RKAP.
Pinjaman modal ini diberikan kepada UKM yang bergerak di 7 sektor usaha, yaitu pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, perdagangan, industri, dan jasa. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top