Market

Gerakan Gen 170, Gelora Desak Anggaran Stunting Dinaikan

Gerakan Gen 170, Gelora Desak Anggaran Stunting Dinaikan
Diskusi Gelora TV bertajuk 'Launching Gerakan Gelorakan GEN 170, Ibu Sehat Bayi Hebat/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Ketua umum Partai Gelora, Anis Matta berharap program gerakan GEN 170 dapat mendorong political will pemerintah untuk mengintervensi nutrisi dan gizi masyarakat. Sehingga bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia.

“Pemerintah harus mengalokasikan anggaran untuk pemberian nutrisi ibu hamil, bantuan kelahiran, nutrisi untuk bayi dan makan siang gratis bagi anak sekolah hingga jenjang SMA,” katanya disiarkan melalui Gelora TV bertajuk ‘Launching Gerakan Gelorakan GEN 170, Ibu Sehat Bayi Hebat di Tangerang Selatan, Kamis (23/12/2021).

Alokasi anggaran tersebut, kata Anis Matta, dimungkinkan tinggal kemauan politik (political will) dari pemerintah untuk menjadikannya sebagai kebijakan publik.

“Kalau ingin menghilangkan stunting, serta menjadikan manusia Indonesia kuat dan unggul dengan tinggi badan 170, maka negara harus mengintervensi dengan memberikan nutrisi kepada ibu hamil, bantuan kelahiran, bantuan nutrisi 1.000 hari pertama pada bayi dan bantuan makan siang untuk anak sekolah hingga SMA,” ujarnya.

Diakui Anis Matta, sejak awal isu yang diangkat Partai Gelora tidak seksi untuk konsumsi publik. Namun pendirian partai politik seharusnya tidak semata bertujuan untuk merebut kursi kekuasaan, tetapi juga harus bisa melakukan perubahan di masyarakat.

“Karena itu, setiap agenda yang kita tempatkan di agenda prioritas, selalu dimulai dengan program literasi seperti yang kita lakukan sebelumnya, dengan gerakan menanam 10 juta pohon,” katanya.

Anis Matta menegaskan, untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menuju 5 besar dunia membutuhkan waktu panjang dan tidak banyak orang yang mengerti, tetapi perubahan itu harus mulai dilakukan sekarang.

“Ada satu cerita kenapa TV National Geographic bisa menjadi sangat populer, padahal seluruhnya science. National Geographic itu, adalah contoh dari gerakan wakaf untuk mengubah science dari milik scientist menjadi milik publik,” ujar Anis Matta.

Dalam kasus National Geographic ini, lanjutnya, ia melihat ada tekad dan political will yang luar biasa untuk mendistribusikan pengetahuan kepada masyarakat melalui gerakan wakaf tersebut.

“Dan saya bahagia hari ini, telah mendapatkan konfirmasi scientific, bahwa program Gerakan GEN 170 ini secara scientific, possible (mungkin). Kita ingin gerakan wakaf ini menjadi benchmarck (karakter) dari Partai Gelora. Gerakan-gerakan ini yang kita lakukan,” pungkasnya. ***

Penulis :  A Rohman
Editor   :  Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top