Industri & Perdagangan

Dorong Digitalisasi, Kemenkop Libatkan Shopee Gelar Live Shopping Produk UKM

Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-
Kemenkop UKM menggandeng e-commerce  Shopee  menggelar Live Shopping Produk UKM. Langkah ini untuk mempercepat digitalisasi sektor usaha kecil. Sehingga terdongkrak pendapatannya. “Program ini juga diharapkan mampu mendorong geliat pada subsektor kuliner, fesyen, kriya, serta kesehatan dan kecantikan,” kata

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam siaran persnya, Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Lebih jauh kata Teten, digitalisasi menjadi salah satu prioritas Kemenkop agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional.

“Digitalisasi UKM dilakukan antara lain melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis, pendampingan, peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM ini,“ ujarnya.

Dalam Live Shopping Produk UKM yang akan dilaksanakan pada Rabu, 21 Juli 2021 mendatang, ada beberapa festival yang akan diselenggarakan, seperti Festival Adiwarna (Fesyen), Kolaborasa (Kuliner), Kirana (Kesehatan & Kecantikan).

Pelaku UKM yang akan berpartisipasi dalam program tersebut, akan mengikuti beberapa tahapan mulai dari tahapan kurasi, mengikuti bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal yang berlangsung mulai tanggal 5 Juli sampai 21 Juli 2021.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Shopee terus berkomitmen untuk bahu membahu bersama KemenkopUKM Republik Indonesia, menyelenggarakan program-program untuk menumbuhkan bisnis digital, untuk mendorong onboarding UMKM.

“Ekosistem dan SDM digital dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program-program seperti ini untuk mengembangkan bisnis digital di Indonesia. Kami optimis, masa pandemi dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan perekonomian dengan UKM sebagai kuncinya,” ujar Handhika. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top