Perbankan

Demi Perbaikan Industri Asuransi, AAJI Dukung Evaluasi Produk Bancassurance

AAJI/beritasatu.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Produk bancassurance yang merupakan kerjasama antara perusahaan asuransi dengan perbankan mendapat sorotan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Padahal produk itu memberikan kontribusi sekitar 43% pada 2019. “Kami harap reformasi bukan hanya untuk IKNB, asuransi tapi untuk keseluruhan sektor keuangan di Indonesia termasuk perbankan dan pasar modal,” kata Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon di Jakarta, Rabu, (11/3/2020).

Menurut Budi, AAJI mendukung langkah OJK meninjau ulang produk bancassurance. “Apapun, untuk bisa membawa industri asuransi jiwa menjadi lebih baik, kami pasti menyambut baik,” ujarnya.

Selain menjadi lebih baik, lanjut dia, reformasi juga diharapkan membawa pertumbuhan baik bagi industri asuransi jiwa maupun lembaga jasa keuangan bank dan nonbank. Menurut dia, dengan porsi sebesar 43 persen, bancassurance dinilai efektif menjadi kanal distribusi atau pemasaran produk asuransi jiwa kepada masyarakat lebih luas dan cepat.

Selain bancassurance, AAJI mencatat pendapatan premi asuransi jiwa sebanyak 40 persen berasal dari agen dan sisanya dari jalur pemasaran lainnya. AAJI mencatat pendapatan industri asuransi jiwa selama tahun 2019 mencapai Rp243,2 triliun atau naik 18,7 persen jika dibandingkan tahun 2018 mencapai Rp204,8 triliun. Sedangkan pendapatan premi mencapai Rp196,6 triliun atau naik 5,8 persen jika dibandingkan tahun 2018.

Adanya opsi meninjau kembali bancassurance itu, lanjut dia, setelah mencermati kasus gagal bayar dan tata kelola keuangan yang tidak baik di Asuransi Jiwasraya. Kejaksaan Agung sebelumnya menyebut dana nasabah Jiwasraya banyak diinvestasikan pada instrumen saham kinerja buruk dan manajer investasi yang juga berkinerja buruk.  Sehingga, Budi mengingatkan kasus itu tidak hanya melibatkan industri keuangan nonbank (IKNB) tetapi sektor keuangan lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top