Nasional

Bupati Lepas Kafilah MQK Aceh Selatan

Bupati Lepas Kafilah MQK Aceh Selatan
Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran ketika melepas Kafilah Aceh Selatan menuju Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) II Aceh 2021 di Banda Aceh, di Hall Pendopo Bupati di Tapaktuan, Senin (11/10/2021). (Foto: Naidy Beurawe/suarainvestor.com)

TAPAKTUAN, SUARAINVESTOR.COM- Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran melepas Kafilah Aceh Selatan menuju Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) II Aceh 2021 di Banda Aceh, di Hall Pendopo Bupati di Tapaktuan, Senin (11/10/2021).

Bupati Tgk.Amran menyatakan pelaksanaan seleksi perlombaan MQK II Aceh Selatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Dinas Pendidikan Dayah. “Kita telah membuka langsung dan turut menyaksikannya dengan memberikan dukungan penuh dan motivasi,” ucap Bupati Amran kepada wartawan.

Kontingen Kafilah MQK Aceh Selatan merupakan hasil penjaringan para santriwan-santriwati terbaik di wilayah Aceh Selatan. “Harapannya kita nantinya para peserta mendapat juara ditingkat Provinsi Aceh, sehinga dapat membawa nama harum daerah dan tentu menjadi kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Bupati berpesan kepada para peserta untuk menjaga kesehatan, menjaga etika, menjaga nama baik daerah dan ponpes/dayah masing-masing. Sehingga para Kafilah MQK ini bisa menjadi contoh suri tauladan bagi lingkungan.

“Ini menjadi tuntutan yang harus diingat dan dijaga dengan berbagai bekal ilmu,” pesan Bupati Amran.

Bupati Amran juga menyampaikan amanatnya agar melalui perlombaan MQK ini bisa menjadi bentuk perhatian serius Pemkab Aceh Selatan dalam memberikan semangat dan motivasi terhadap santri dayah.

Selain itu, ia juga berharap ada langkah terobosan yang strategis untuk mewujudkan Aceh Selatan yang hebat. Untuk itu, Pemkab pada tahun 2020 telah mengucurkan dana beasiswa bagi santriwan dan satriwati yang mondok di Dayah.

“Kita terus berupaya melakukan perhatian khusus kepada santri dan pimpinan Dayah, selain pendidikan formal lainnya, bahkan kita terus mengevaluasi kinerja Dinas Dayah,” ujarnya.

Selain itu, melihat perkembangan teknologi dan berbagai pengaruh globalisasi, para santri Dayah dan balai semeubet menjadi salah satu garda terdepan benteng cermin tauladan ditengah masyarakat.

“Kepada para santri betul-betul menuntut ilmu, karena menjadi bekal dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga berguna bagi bangsa dan agama,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Dinas Pendidikan Dayah (Dispenda) Aceh Selatan Farid Wajidi menyatakan peserta yang mengikuti perlombaan MQK II tingkat Provinsi Aceh di Banda Aceh ini, adalah para peserta yang meraih juara I pada seleksi perlombaan yang telah diperlombakan.

Peserta mengikuti MQK II Aceh Selatan berjumlah 172 peserta, terdiri putra sebanyak 97 dan putri sebanyak 75, yang peserta adalah perwakilan dayah yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. “Dari hasil seleksi tersebut sebanyak 52 peserta mendapat juara, baik peringkat pertama, dua dan ketiga,” jelasnya.

Farid menyebut pelepasan perserta hari ini, merupakan para perserta yang mendapat juara peringkat pertama pada seleksi MQK yang telah dilaksanakan.

Ia berharap peserta mengikuti MQK II Aceh, yang berlangsung mulai 12 hingga 24 Oktober 2021, dapat ikut dengan prima dan mendapat juara, dari seluruh cabang yang diperlombakan yaitu Cabang Marhalah Ula, Marhalah Wustha dan Marhalah Ulya.

Adapun, peserta Kafilah Aceh Selatan MQK II Aceh Tahun 2021, cabang Marhalah Ula, yakni Saifel El Islam dan Siti Sarah Nadhifa (Akhlaq), Indra Maulana dan Shinta (Tauhid)

Marhalah Wustha, Acmad Rozy dan Firdatunnisa (Fiqh), Rahmat Akmarur Rijal dan Tari Mauzia (Tarikh), Syafridhan dan Nuruzzamrida ( Tafsir), Dimas Arif Meilana Sidik dan Maya Silvia Syarafina (Hadist)

Marhalah Ulya, Apri Liansyah dan Devi Yani (Nahwu), Muhammad Ilham dan Nadia Tussuraya (Usul Fiqh), Ilham Arianda dan Supriani Suri (Ilmu Tafsir), Naswajir dan Harera Nuria ( Balaqhah).

Penulis : Naidy Beurawe
Editor : Budiono

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top