Market

Bahas RUU KUP, Misbakhun Protes Dianggap Lama Bicara Tapi Minim Pertanyaan

Misbakhun/Tribunnews.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Anggota Komisi XI DPR Muhammad Misbakhun melakukan protes terhadap Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie OFP yang dianggapnya telah memakan waktu bicara terlalu banyak dalam penyampaian pendapat dalam pembahasan Panja RUU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP). Rapat RUU KUP tersebut mengundang Tax Center UI, Tax Center UGM, Tax Center Unair dan Tax Center Universitas Brawijaya.

Misbakhun yang ikut hadir rapat secara virtual tersebut, menepati janjinya mempersingkat waktu pertanyaan-pertanyaan tersebut. “Bisa dipercepat Pak Misbakhun, sudah lima menit waktu bapak, supaya kebagian anggota yang lain. Satu lagi ya, Pak,” ujar Dolfie lagi, Senin (12/7/2021).

Kemudian Misbakhun melanjutkan pertanyaan soal tarif pajak Indonesia yang dinilai rendah, terutama soal PPN. Ada dua faktor, soal efektifitas pemungutan PPN, yang menggunakan sistem pemasukan tadi, sebab kita punya PDB Rp15000 Trilun. Nah, kalau PPN 10%, berarti pemasukannya sebesar itu.

Lebih lanjut Dolfie membanding Andreas Susetyo anggota Fraksi PDIP yang bisa melontarkan sebanyak tujuh pertanyaan dalam tempo lima menit, sementara Misbakhun yang sempat melebihi lima menit, hanya bisa melempar dua pertanyaan. “Andaikan Pak Misbakhun tadi pertanyaannya bisa lebih banyak, justru akan lebih bagus untuk memperkaya kita,” ungkapnya.

Namun sayangnya, pernyataan Dolfie itu langsung direspon secara spontan oleh Politisi Partai Golkar tersebut yang dianggapnya penyampaiannya tadi terlalu bertele-tele. “Bukan begitu Pak Dolfie, saya inikan jadi…perdebatan kita…, jangan begitu dong pak…saya hanya memberikan background pertanyaan berbeda pak,” ungkapnya dengan raut wajah yang agak kecewa.

Wakil Ketua Komisi XI Dolfie yang didamping Amir Uskara dari F-PPP saat memimpin sidang tersebut terlihat tidak terpancing dengan perdebatan yang dilontarkan Misbakhun. “Masing-masing anggota hanya supaya kebagian waktu yang sama saja Pak Misbakhun, dalam situasi seperti ini, kita perlu waktu yang efektif,” pungkasnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top