Headline

Andi Iwan: Tambah Anggaran PUPR Guna Minimalisir Bencana Alam

Bendungan Pamukkulu, Sulawesi Selatan Bisa Mencegah Banjir/Foto : Istimewa

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Bencana alam yang mulai menyerang sejumlah daerah di Indonesia perlu mendapat perhatian serius. Karena itu langkah-langkah mitigasi bencana perlu diperkuat dengan melibatkan kementerian lain, termasuk memperkuat anggaran Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Mitigasi bencana alamnya itu harus dari awal. Kementerian PUPR harus diberikan back up dari segi pembiayaan,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR Andi Iwan Darmawan Aras kepada wartawan di DPR, Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Namun sayangnya, kata Calon Gubernur Sulawesi Selatan ini, hingga saat ini dana tanggap darurat belum sepenuhnya dipegang oleh PUPR. “Padahal dana itu, dibutuhkan untuk mengatisipasi banjir dengan menyiapkan bendungan. Dengan infrastruktur bendungan yang dibangun PUPR itu bisa meminimalisir bencana banjir,” ujarnya.

Padahal tugas mitigasi bencana itu, lanjut Politisi Partai Gerindra, kewenangannya berada pada BMKG dan Basarnas. Lembaga ini harus mampu mengekplorasi dan sekaligus mengantisipasi cuaca ekstrem. “BMKG menyampaikan informasi cuaca secara benar kemudian Basarnas mengantisipasi dengan menyiapkan dalam menanggulangan bencana. Yang penting jiwa manusia yang pertama yang perlu diselamatkan,” ungkapnya lagi.

Terkait dengan tugas Kementerian PUPR, sambung AIA-sapaan akrabnya, sudah on the track dalam mengantisipasi bencana alam. Baik bencana longsor, air bah, jembatan roboh dan irigasi. “Menurut saya Kementerian PUPR dalam mengatas banjir sudah on the track,” ucapnya.

Sejatinya, lanjut Andi Iwan, kerusakan alam dan lingkungan itu sebenarnya tidak pada wilayah PUPR. “Jadi efek dari pada pembalakan hutan itu, kemudian Kementerian PUPR harus mengantisipasi kejadian dalam konteks infrastrukturnya.”

Dengan kata lain, kata Andi Iwan, PUPR perlu membangun infrastruktur tersebut dengan baik, termasuk soal penanggulangan sungai, bendungan, jalan, jembatan dan irigasi. Hal-hal seperti ini yang harus dikerjakan oleh Kementrian PUPR. “Tapi yang perlu dipahami bahwa dampak dari bencana alam tersebut bukan datang dari Kementerian PUPR,” pungkasnya. ***

Penulis    : Iwan Damiri
Editor      : Kamsari

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top