Headline

3 Bank Digital Paling Banyak Digunakan Warga Indonesia

3 Bank Digital Paling Banyak Digunakan Warga Indonesia
Ilustrasi nasabah bank melakukan transaksi mobile banking/ Sumber Foto: Kamsari

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Bank digital tumbuh subur di Tanah Air saat ini, dengan berbagai pilihan dan kemudahan, seiring dengan semakin meningkatnya transaksi digital masyarakat selama beberapa tahun terakhir.

Lantas, bank digital apa yang paling banyak digunakan warga Indonesia hingga saat ini?

Sebuah survei yang dilakukan oleh Populix menunjukkan, saat ini terdapat beberapa bank digital yang digemari masyarakat Indonesia.

Survei yang bertajuk “Consumer Preference Towards Banking and e-Wallet Apps” itu dilakukan secara daring terhadap 1.000 responden berusia 18-55 tahun di sejumlah kota besar di Indonesia.

Bank digital yang paling banyak digunakan masyarakat, Bank Jago  menjadi jawara dengan porsi 46 persen, kemudian diikuti Neo Bank dengan porsi 40 persen, selanjutnya  Jenius dengan porsi 32 persen.

Menurut tim riset Populix, peningkatan penggunaan aplikasi bank digital terutama karena jenis bank ini menawarkan kemudahan transaksi, mudah digunakan, hemat waktu, banyak fitur, dan mudah untuk menelusuri transaksi keuangan. ”Digitalisasi layanan keuangan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. perbankan digital cenderung populer di kalangan responden yang lebih berumur,” ungkap tim riset Populix, dikutip Kamis (21/7/2022).

Mobile banking dan dompet digital apa yang banyak dipakai warga RI?

Sedangkan untuk kategori Mobile Banking, terdapat tiga aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat.
Ketiganya, menurut survei Populix adalah BCA Mobile milik PT Bank BCA Tbk, diikuti BRImo dari PT Bank BRI Tbk, dan Livin dari PT Bank Mandiri Tbk.

Survei Populix juga menunjukkan, saat ini terdapat 5 uang elektronik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yakni Gopay, OVO, Dana, Shopee Pay, dan LinkAja. “Hasil survei kami menunjukkan bahwa  mobile banking dan  e-wallet adalah dua aplikasi keuangan yang paling banyak digunakan di antara semua kelompok umur,” tulis im riset Populix.

GoPay

Hasilnya, GoPay menjadi jawara uang elektronik paling banyak digunakan dengan nilai 88 persen, kemudian disusul Dana 83 persen, OVO 79 persen, Shopee Pay 76 persen, dan LinkAja 30 persen.

Dalam riset itu disebutkan sejumlah alasan utama popularitas e-wallet yang mendorong peningkatan penggunaannya dalam keseharian masyarakat.
Poin tertinggi adalah karena mempermudah transaksi, selanjutnya karena terintegrasi dengan e-Commerce, dan tertinggi ketiga karena mudah digunakan.

GoPay dinilai memenuhi tiga unsur tersebut, sehingga membuat tingkat penggunaannya oleh masyarakat sangat tinggi.

Hasil survej juga mencatat mayoritas transaksi menggunakan e-Wallet adalah untuk pembayaran e-Commerce, diikuti untuk pembayaran transportasi ojek online/ride-hailing, dan top-up pulsa ponsel. ***

Penulis : Kompas.com
Editor   : Eko

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top