Nasional

Vaksinasi Covid-19 Perlu Dukungan Semua Sektor

Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena menegaskan Emergency Use Authorization/EUA) yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberi lampu hijau bahwa vaksinasi bisa dimulai, Rabu 13 Januari 202. Rencananya Presiden Jokowi yang pertama akan disuntik. “Karena itu semua pihak perlu mendukung dan memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik dan dapat dilaksanakan di lapangan dengan baik dan sukses oleh tenaga kesehatan yang bertugas,” katanya dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Pihaknya, kata Melki, mengapresiasi kerja keras BPOM RI yang telah mengawal dan memastikan uji klinis tahap 3 di Indonesia berjalan sesuai ketentuan yang berlalu serta mengecek hasil uji klinis tahap 3 di Turki dan Brazil yang juga menggunakan Vaksin Sinovac. “Hasil yang disampaikan BPOM bahwa hasil uji klinis Vaksin Sinovac di Indonesia memenuhi ketentuan WHO tentu disambut positif oleh semua kalangan yang selama ini menunggu hasil penelitian BPOM,” ujarnya.

Lebih jauh kata Politisi Golkar, EUA yang diberikan BPOM RI hari ini memberi kepastian dan kejelasan kepada semua pihak bahwa Vaksin Sinovac aman, berkhasiat dan efektif diberikan kepada masyarakat yang tahapannya sudah disampaikan pemerintah melalui KPC PEN.

Walaupun, kata Melki, vaksinasi segera berjalan Rabu 13 Januari harus pararel dgn disiplin dan kepatuhan masyarakat. “Disiplin masyarakat laksanakan protkes digalakkan dilakukan bersamaan dengan operasi yustisi oleh Polri TNI dan aparat Pemda Satpol PP disertai sanksi secara terukur di lapangan.”

Menurut Melki, vaksinasi harus dibarengi kesadaran rakyat utk jalankan 3 M plus 2 M menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. “Dukungan para tokoh bangsa lintas sektor dan daerah untuk mengajak rakyat sukseskan vaksinasi dan tetap disiplin jalankan protokol kesehatan 3 M plus 2 M harus tetap dijalankan secara konsisten dan jangan kendor sampai pandemi benar benar bisa dikendalikan,” pungkasnya. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top