Industri & Perdagangan

UMKM Perlu Maksimalkan Tools dan Program Gratis Kemajuan Usaha

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Pelaku UMKM yang berjumlah 64 juta, ternyata baru 16% yang tergitalisasi. Namun begitu dampak pandemi Covid-19 , semakin memacu UMKM untuk go digital. Sehingga jumlah UMKM yang menjual produk secara online melonjak 30%. Berdasarkan Survei Mandiri Institute, UMKM yang go digital terbukti mencatatkan peningkatan omzet sebesar 9%, lebih tinggi dari UMKM offline yang hanya 4%. “Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya omzet, mereka bisa merekrut karyawan profesional, serta membeli peralatan dan fasilitas usaha yang lebih baik, untuk bisa semakin memajukan bisnisnya,” kata Head of Corporate Communication Xendit, Ami Windarti di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Diakui Ami, ada banyak tantangan untuk memulai usaha dari nol di Indonesia. Namun, salah satu tantangan yang paling umum dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah keterbatasan modal.
Namun dengan ketersediaan teknologi dan informasi, sudah banyak cara bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka dengan ‘dukungan gratis’ dari pihak ketiga.

Xendit, perusahaan  payment gateway  terkemuka di Indonesia, meluncurkan Program Xendit Level Up, sehingga pelaku UMKM dapat mendaftar dan berkesempatan untuk menggunakan layanan payment gateway selama setahun tanpa harus membayar biaya.

Lebih jauh Ami menuturkan, seiring dengan semakin maraknya acara virtual, kini sudah sangat banyak webinar yang dapat diikuti tanpa biaya, terutama untuk mendapatkan insight praktis yang dapat bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

UKMIndonesia.id, sebuah situs web khusus UMKM oleh Universitas Indonesia, mengumpulkan semua program dan kesempatan pendanaan yang dapat diikuti, sebagian besar tanpa perlu bayar sama sekali.

Jangan ragu untuk
mengikuti kompetisi bisnis Karena bisa menjadi peluang baik untuk menambah modal usaha, baik secara material maupun non-material. Kamu bisa mendapatkan eksposur dan koneksi, serta berkesempatan untuk memenangkan hadiah utama.

Misalnya saja, untuk mengikuti Program Xendit Level Up yang dibuka hingga 30 Juni 2021, pelaku UMKM hanya perlu mengunggah video berdurasi 3 menit yang menjelaskan bisnis mereka dan alasan mengapa mereka membutuhkan program bebas biaya dari Xendit.

Hanya dengan mengunggah video, kamu memiliki peluang besar untuk memenangkan kompetisi ini. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan video yang sebelumnya sudah ada untuk menjelaskan bisnismu, atau membuat video baru sederhana hanya dengan menggunakan handphone. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top