Market

Sejahterakan Warga, Percha: Program CSR Harus Tepat Sasaran

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR mengingatkan jajaran BUMN agar pemanfaatn program Corporate Social Responsibility (CSR) harus tepat sasaran. Setidaknya, berkontribusi terhadap peningkatan taraf kualitas hidup masyarakat sekitar perusahaan. “CSR PTBA harus merata. Sehingga manfaat CSR benar-benar dirasakan dan menyejahterakan warga,” katanya, di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Menurut Anggota Komisi VI DPRnya, CSR yang baik adalah CSR yang memiliki dampak berkelanjutan, tidak hanya sekedar branding dari perusahaan bersangkutan. Kendati kantor PTBA berada di Lampung, namun aktivitas pertambangannya berada di Sumsel. “Masyarakat Sumatera Selatan harusnya mendapatkan manfaat dari perseroan ini,” tambahnya.

Dengan begitu, lanjut Politisi Nasdem, kemandirian masyarakat dapat dibangun melalui kegiatan CSR. Karena, intinya program CSR itu bukan belas kasihan kepada masyarakat, namun merupakan hak masyarakat. “Jadi, kita harus membalik paradigma berpikir kita, karena ada mereka sehingga kita bisa menjalankan usaha,” terangnya

Selain itu, CSR juga harus bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitar perusahaan, sehingga dapat meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari aktivitas tambang.

Sementara itu, Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin menyampaikan PTBA menyalurkan dana CSR sebesar Rp 220 miliar setiap tahunnya. Dimana, 80 persen kegiatan CSR difokuskan di daerah Sumatera Selatan, karena lokasi aktivitas tambang yang berada di sana. Ia menambahkan, prinsipnya menambang adalah bagian dari rencana penutupan tambang.

Sawah Lunto, contohnya, salah satu lahan bekas tambang yang kini berkembang menjadi satu-satunya kawasan wisata pertambangan di Indonesia yang kaya sejarah. “Dulu ekonomi Sawah Lunto sangat bergantung pada PTBA, sekarang dia bisa mandiri sebagai kota wisata. Nah, ini juga yang kita lakukan di Tanjung Enim bisa menjadi kota wisata, sehingga pada saatnya nanti kita meninggalkan Tanjung Enim bukan menjadi kota mati,” terangnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top