Nasional

Sampah Menumpuk, DPRK Asel Desak Camat Kluet Utara Segera Tuntaskan

Timbunan sampah menumpuk dan beserakan di Pasar Sayur Pajak Ikan Lama Gampong Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan hingga mulai menebar bau dan pemandangan tak sedap. (Foto: Naidy Beurawe/suarainvestor.com)

TAPAKTUAN, SUARAINVESTOR.COM- Timbunan sampah menumpuk dan beserakan di Pasar Sayur Pajak Ikan Lama Gampong Kota Fajar Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan hingga mulai menebar bau dan pemandangan tak sedap.

Apabila terus dibiarkan, sangat mungkin tumpukan sampah dapat menggunung dan makin menimbulkan permasalahan baru bahkan meresahkan warga sekitar.

Anggota DPRK Aceh Selatan, Asmara kepada wartawan, Sabtu (16/10/2021) menyatakan tumpukan sampah mengakibatkan saluran parit tersumbat, sehingga air pembuangan tidak berjalan mengalir, hal itu sangat dikeluhkan oleh masyarakat.

“Supaya ini tidak berdampak terhadap lingkungan serta bagi kesehatan masyarakat, kita minta pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Selatan dan Camat Kluet Utara, selaku pengutip distribusi sampah untuk bertanggung jawab,” tegas Asmara.

Ia meminta agar pihak kecamatan segera mencari solusi mengatasi persoalan ini. Pasalnya, pengelolaan sampah di Kecamatan Kluet Utara kini dikelola langsung oleh pihak kecamatan.

“Tapi mengapa masih ada tumpukan sampah. Berarti pihak DLHK selaku tim persampahan yang bertanggung jawab penuh mengenai sampah,” ujarnya.

Apabila timbunan sampah ini dibiarkan tentu akan cepat mengundang penyakit di sekitar pusat pasar tersebut, bahkan aroma bau tidak sedap sangat menyengat, membuat warga sekitar sangat tidak nyaman, Ini semua akibat sampah yang beserakan dan penuh diselokan.

“Pada saat saya hubungi via WhatsApp Kepala DLHK, malah justru lepas tangan, karena pengelolaan sampah dan pemungutan distribusi sampah sepenuhnya ditangani Kecamatan,” ucap Asmara heran.

Berdasar pengakuan Kepala DLHK Asel, Asmara menegaskan meminta pihak Kecamatan yang membidangi masalah persampahan segera membersihkan sampah yang ada dilokasi pusat pasar dan pemukiman warga tersebut.

Saat dikonfirmasi, Camat Misbah menanggapi keberadaan sampah di lokasi dimaksud. “Kita akan mencari solusi,” Seraya minta wartawan untuk dapat komunikasi  lansung ke Keuchik atau Ketua Pemuda setempat,” jawab Misbah singkat.

Penulis : Naidy Beurawe
Editor   : Budiono

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top