Market

Pertemuan AIPA, Ravindra: Anggota Parlemen Muda Bisa Ciptakan Ekonomi Inklusif

parlemen aipa
Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Ravindra Airlangga/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR mendukung penuh transformasi pertemuan Anggota Muda Parlemen AIPA menjadi Panitia Sidang Umum AIPA. Hal ini menunjukkan bahwa Parlemen ASEAN berkomitmen untuk masa depan kawasan. “Kami berpandangan bahwa transformasi ini penting karena menunjukkan bahwa parlemen di ASEAN berkomitmen untuk masa depan kawasan, dengan menciptakan representasi politik yang formal dan lebih inklusif dari rakyat ASEAN, terutama kaum muda,” kata Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Ravindra Airlangga di Jakarta, Senin (17/10/2022).

Politisi Fraksi Partai Golkar ini mengingat jumlah pemuda sekitar 213 juta (15-34 tahun) di negara-negara ASEAN, jumlah yang sangat signifikan untuk diwakili secara formal dalam forum parlemen. “Yang terpenting, transformasi juga akan menjadi isyarat politik positif untuk mempromosikan Komunitas ASEAN yang benar-benar berorientasi pada rakyat dan berpusat pada rakyat.”

Menurut Vindra-sapaan akrabnya bahwa hal ini juga akan memberikan kesempatan yang baik bagi partisipasi dan peran pemuda yang lebih besar dalam mewujudkan integrasi ASEAN.

Selanjutnya, memiliki komite Parlemen Muda di AIPA merupakan nilai tambah bagi organisasi. Dengan wawasan dan pemikiran yang lebih segar, Anggota Parlemen Muda dapat memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan yang lebih inklusif dan mengawasi keuangan publik pemerintah untuk menciptakan ekonomi yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan tahan terhadap dinamika global. “Agenda 2030 untuk Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya target SDGs 16.7 juga menggarisbawahi perlunya memastikan pengambilan keputusan yang responsif, inklusif, partisipatif, dan representatif di semua tingkatan,” pungkas Vindra lagi.***

Penulis     :   Eko

Editor      :   Eko

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top