Infrastruktur

Penggunaan Mobil Listrik Diprediksi Capai 18% Selama Arus Mudik

Penggunaan Mobil Listrik Diprediksi Capai 18% Selama Arus Mudik
Fisilitas pengisian SPKLU untuk mobil listrik/ Foto: Dok Suarainvestor

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Penggunaan mobil listrik untuk perjalanan mudik Lebaran 2024 diprediksi mencapai sekitar 18 persen dari total populasi mobil listrik di Indonesia, yakni 23.238 unit. Artinya ada sekitar 4.000 mobil listrik bakal melintas di jalan-jalan selama arus mudik. “Ini mungkin sudah sangat konservatif karena kita lihat rata-rata pembeli mobil listrik saat ini mobil kedua biasanya,” kata
Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritian dan Investasi, Rachmat Kaimuddin di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Lebih jauh Rachmat Kaimuddin menjelaskan bahwa proyeksi itu merupakan angka konservatif. Lantaran, umumnya pembelian mobil listrik merupakan mobil kedua atau mobil tambahan, bukan mobil utama yang mereka gunakan sehari-hari. “Keberadaan mobil listrik saat ini mobil kedua, belum jadi primary, jadi kami membayangkan bisa lebih kecil dari 18 persen,” ujarnya lagi.

Kasubdit Uji Tipe Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Yusuf menambahkan, perjalanan mudik Lebaran tidak hanya sebatas perjalanan jarak jauh antar-kota, melainkan juga perjalanan lokal. “Artinya kendaraan listrik berbasis baterai itu bukan hanya untuk pelaksanaan luar kota saja, tetapi juga lebih kepada silaturahmi pada saat Lebaran nantinya,” kata dia.

Kemenhub mengapresiasi Kementerian ESDM dan PT.PLN (Persero) yang telah menyiapkan infrastruktur pengisian ulang yakni Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai wilayah Indonesia.

Saat ini ada sebanyak 1.299 SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, baik yang dikelola oleh PLN maupun mitra perusahaan.

Terdiri dari 899 SPKLU berada di Pulau Jawa, 152 SPKLU di Sumatera, 55 SPKLU di Kalimantan, 64 SPKLU di Sulawesi, 87 SPKLU di Bali, 8 SPKLU di Maluku, 27 SPKLU di Nusa Tenggara, 7 SPKLU di Papua.

Adapun sebanyak 239 SPKLU di antaranya berlokasi di 104 rest area jalan tol yang diharapkan dapat memfasilitasi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.***

Penulis : Budiana
Editor   : Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top