Market

Panja Mafia Tanah Soroti Lelang Properti Di Perbankan

dpr.go.id

RIAU, SUARAINVESTOR.COM--Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang siap mengganyang para mafia tanah yang masih kerap beroperasi. Baik itu melalui aksi percaloan maupun lewat lelang tanah di perbankan. “Kita sudah menerima laporan dan data-data para mafia tanah. Mereka banyak bermain dalam lelang perbankan. Panja Mafia tanah bakal menyapu rata aksi mereka,” katanya kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Lebih jauh Junimart menjelaskan pihaknya sudah membentuk Panja Mafia tanah yang siap memberi rekomendasi agar aparat bisa menindak secara hukum setiap kejahatan mafia tanah yang ditangani. “Saya sebagai Ketua Panja sudah berkoordinasi dengan aparat hukum, termasuk kepolisian dan kejaksaan supaya membangun sinergi,” ujarnya.

Menurut Junimart yang biasa disapa Banteng Simalungun, Komisi II DPR sudah menerima laporan mafia tanah dari berbagai pihak. “Ada empat kardus menyangkut pertanahan. Jadi kita upayakan segera untuk dituntaskan laporan tersebut,” tegasnya.

Untuk itu, Legislator dari Dapil Sumut III memberi peringatan keras kepada para pengusaha yang terlibat dalam aksi mafia tanah, karena pihaknya tidak akan ada tebang pilih atas kejahatan pertanahan. “Yang menjadi korban adalah masyarakat, haknya diambil dan dirampas oleh pengusaha.”

Junimart mengancam para pengusaha yang terlibat aksi mafia tanah agar jangan coba-coba meneruskan aksinya. “Kita tidak ada tebang pilih dalam masalah ini,” tegasnya.

Sebelumnya Panja Mafia Tanah Komisi II DPR dikatakannya, telah melakukan rapat dengar pendapat umum dengan 12 masyarakat korban dari Mafia Tanah dimana hasil dari pertemuan itu saat ini tengah dianalisa oleh Komisi II DPR.

Selain itu terkait permasalahan pertanahan, disampaikan nya Komisi II DPR telah membentuk dua Panja lainnya yang terdiri dari Panja Hak Guna Usaha (HGU) khusus untuk mengurusi masalah tanah yang menjadi sengketa dengan masyarakat dan Panja Hutan Tanaman Rakyat (HTR ) yang juga berkaitan dengan tata ruang.***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top