Industri & Perdagangan

Mulai 2022, Ratusan UMKM Surabaya Sudah Tergitalisasi

Mulai 2022, Ratusan UMKM Surabaya Sudah Tergitalisasi
Ilustrasi Pelaku UMKM Sektor Makanan/Foto: Anjasmara

SURABAYA, SUARAINVESTOR.COM-Keberadaan Surabaya Kriya Gallery (SKG) Reborn bukan sekadar ruang galeri produk UMKM, melainkan juga sebagai penyemangat bagi pelaku UMKM Surabaya. Bahkan saat ini, sekitar 250 UMKM Surabaya mulai 2022 ini masuk lini marketplace atau tempat berkumpulnya toko-toko daring untuk menjual produknya secara mudah. “Saya ingin produk-produk UMKM Surabaya bisa masuk ke pasar global,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Selasa, (8/7/2022).

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Kota Surabaya itu menjelaskan, peran para pelaku UMKM di Kota Pahlawan ini sangat besar. Oleh karena itu, Pemkot Surabaya merombak Sentra UMKM yang sebelumnya pernah ada menjadi SKG Reborn.”Karena peran UMKM ini besar, maka Pemkot memberikan fasilitas. Kalau tempatnya nyaman seperti ini, barangnya bagus, pasti dituku (dibeli). Jadi, pemerintah jangan sampai habis memberikan pelatihan, kemudian dibiarkan begitu saja. Tapi harus kita bina hingga produknya bernilai tinggi,” ujarnya.

Eri menyampaikan SKG Reborn yang diresmikan pada Senin (7/3) bagian dari komitmen Pemkot Surabaya mewujudkan padat karya UMKM. Padat karya ini untuk menggerakkan kembali roda perekonomian pasca pandemi COVID-19 sekaligus mendorong kualitas produk UMKM yang lebih baik lagi.

Agar lebih baik lagi, Eri bercerita soal perusahaan yang dahulunya dibangung di tempat sederhana, seperti halnya Amazon, Google, Apple dan Walt Disney. Perusahaan-perusahaan raksasa itu kini dikenal oleh masyarakat, bahkan menguasai pasar global. Dengan contoh itu,Ery terus memotivasi para pelaku UMKM Surabaya agar kedepannya mampu bersaing lebih baik baik lagi. “UMKM jangan berkecil hati, dimulai dari langkah kecil ini, kami yakin bisa menggapai cita-cita besar seperti yang dilakukan oleh perusahaan – perusahaan raksasa tersebut,” katanya. ***

Penulis    :  Desy (Kontributor Surabaya)
Editor      :  Kamsari

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top