Nasional

Masyarakat Minta Aparat Usut Dugaan Korupsi Sejumlah Proyek di Pemkot Tangerang

Peneliti Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH), Ahmad Priatna/Foto: A Rohman

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM –Terbongkarnya kasus korupsi pembangunan pasar lingkungan di Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang dianggap menunjukkan bahwa kota ini belum terbebas dari korupsi. “Kasus korupsi dalam pembangunan pasar lingkungan di Gebang Raya menunjukkan bahwa Kota Tangerang masih belum terbebas dari praktik-praktik korupsi,” kata Peneliti Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH), Ahmad Priatna,  Rabu, (18/5/2022).

Ahmad Priatna mengapresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang yang telah mengungkap praktik korupsi pembangunan pasar lingkungan, sehingga bisa menjadi titik masuk dalam mengungkap kasus serupa lainnya. “Bisa dimungkinkan masih banyak keterlibatan pejabat atau oknum lain dalam penyelidikan kasus tersebut,” tegasnya.

Dirinya mendorong upaya penyelesaian kasus harus dipublikasi secara berkala agar publik dapat memantau perkembangan kasus tersebut. “Sebenarnya masih banyak kasus serupa yang harus mendapat perhatian khusus dari aparat penegak hukum yaitu Polres dan Kejaksaan Negeri Kota Tangerang,” katanya.

Berdasarkan pantauan TRUTH melalui opentender.net milik Indonesia Corupption Watch (ICW), setidaknya ada beberapa pembangunan yang memiliki potensi dan dugaan kecurangan di dalamnya. “Seperti pembangunan Stadion Benteng, pengadaan bahan pakaian DPRD, pengadaan buldozer dari Dinas LH Kota Tangerang, dan pengadaan Asphalt Pave Dinas PUPR Kota Tangerang,” jelas Ahmad Priatna.

Opentender.net merupakan sebuah platform yang dikembangkan ICW dengan tujuan menyajikan data pengadaan barang dan jasa pemerintah beserta potensi resiko kecurangan dengan sistem skoring. “Paket pengadaan di atas yang kami jelaskan memiliki skor tinggi dan dan berpotensi terjadi korupsi di dalamnya. Untuk itu kami terus mendorong aparat penegak hukum di Kota Tangerang untuk lebih aktif dalam memantau setiap aktifitas pengadaan baik proyek kontruksi, non-kontruksi dan pengadaan barang di Kota Tangerang,” tandas Priatna. ***

Penulis      :      A Rohman

Editor        :      Chandra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top