Market

MASATA akan Menyelenggarakan Rakernas di Kota Bandung

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) akan menyelenggarakan rapat kerja nasional (rakernas) tanggal 27 November 2020 di Prime Park Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat. Rapat kerja tahunan tingkat nasional yang pertama ini akan diikuti kepengurusan MASATA di tingkat nasional (pusat), daerah (provinsi), cabang (kabupaten/kota), dan perwakilan.

“Rakernas I MASATA membahas usulan program kerja DPP (Dewan Pengurus Pusat), DPD (Dewan Pengurus Daerah), DPC (Dewan Pengurus Cabang) setiap bidang,” Ketua Umum DPP MASATA Panca Rudolf Sarungu menjelaskannya kepada pengurus MASATA via zoom meetings panitia, Senin (23/11/2020) malam.

Setelah membahas usulan program kerja, Rakernas I MASATA menetapkan program kerja organisasi sebagai penjabaran GBKO (Garis Besar Kebijakan Organisasi) yang dilaksanakan pengurus di tingkat nasional, daerah, dan cabang; serta menetapkan RAPBO (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi).

Panca mengatakan, program kerja yang dibahas Rakernas I MASATA fokus tiga saja, yakni pengembangan dan pembinaan desa wisata, pembinaan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di daerah tujuan wisata; serta networking pariwisata Indonesia.

Menurutnya, ketetapan Rakernas I MASATA merupakan keputusan tinggi organisasi yang dijadikan sebagai pedoman kerja kepengurusan MASATA periode 2020-2025. “Ketetapan Rakernas I MASATA wajib ditaati kepengurusan MASATA di tingkat pusat, daerah, cabang, dan perwakilan, termasuk anggota MASATA,” ujarnya.

Untuk itu dia berharap, Rakernas I MASATA berhasil untuk menetapkan program kerja sebagai upaya membangun konsolidasi dan soliditas organisasi guna memperkuat peran strategis MASATA sebagai perkumpulan yang menunjang pembangunan pariwisata Indonesia di tengah perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dilahirkan di destinasi utama pariwisata Indonesia, Denpasar (Bali) tanggal 4 April 2018, MASATA ingin berpartisipasi dalam membantu Pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata kelas dunia didukung atraksi yang menarik, aksesibilitas yang mudah, dan amenitas yang berkualitas.

Sekretaris Jenderal DPP MASATA Andi Azwan menambahkan, penyelenggara Rakernas I MASATA adalah DPP MASATA selaku Steering Committee (SC) bersama DPD MASATA Jawa Barat selaku Organizing Committee (OC). “Rakernas I MASATA dipimpin seorang ketua ex officio Ketua Umum DPP MASATA, seorang Ketua SC ex officio Wakil Ketua Umum DPP MASATA, seorang Ketua OC ex officio Ketua DPD MASATA Jawa Barat, dan seorang Sekretaris ex officio Sekretaris Jenderal DPP MASATA,” ungkap Panca.

Sebagai wadah kaum profesional pelaku, pemerhati, dan pecinta pariwisata yang memiliki kesamaan persepsi guna mendukung pariwisata berkelanjutan, Andi mengharapkan doa rakyat Indonesia untuk keberhasilan penyelenggaraan kegiatan ini. “Semoga Rakernas I MASATA menghasilkan ketetapan program kerja untuk s satu tahun ke depan,” katanya berharap.

Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee/SC) Rakernas I MASATA Kurniawan Lesandri Adnan menjelaskan, peserta Rakernas I MASATA terdiri atas pengurus DPP; ketua, sekretaris, bendahara, perwakilan DPD, dan ketua DPC, ditambah peninjau yang terdiri atas ketua DPD yang mendapat mandat, ketua DPC yang juga mendapat mandat, pengurus provinsi yang mendampingi ketua DPD, pengurus perwakilan yang mendampingi ketua DPC, dan tamu yang diundang panitia.

Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee/OC) Rakernas I MASATA Ray Berry Oroh yang juga Ketua DPD MASATA Jawa Barat itu menambahkan, pengambilan keputusan dalam Rakernas I MASATA dilakukan dengan cara musyawarah dan mufakat. Apabila dengan cara musyawarah dan mufakat tidak dapat diambil keputusan, maka upaya paling akhir setelah tidak ada upaya lain ialah pengambilan keputusan dengan cara suara terbanyak (voting).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top