Perbankan

Lindungi Pemegang Polis, DPR Sayangkan LPP Belum Terbentuk

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati mendorong pembentukan Lembaga Penjamin Polis (LPP). Karena lembaga ini sudah diamanatkan dalam UU Perasuransian Tahun 2014, keberadaan lembaga ini mirip Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). “Sayangnya hingga kini, masih juga belum terbentuk di lndonesia,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara Teropong Insurance Award (TIA) 2020, secara virtual melalui aplikasi Zoom, Jakarta, Kamis (24/9/2019).

Ajang TIA 2020 digelar oleh Media TeropongSenayan.com dan merupakan bentuk apresiasi kepada sejumlah perusahaan asuransi umum, jiwa, dan sosial yang dinilai memiliki kapasitas baik berdasarkan kategori tertentu.

Lebih jauh kata Politisi PKS, industri asuransi memiliki peran besar dalam perekonomian. Manfaat itu sangat besar dirasakan setelah dunia saat ini ditimpa dampak pagebluk.  Sayangnya, belakangan ini industri asuransi Indonesia banyak dirundung masalah. Bahkan, lanjut Anis lagi, sejumlah perusahaan asuransi diantaranya telah dicabut izinnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun yang lain masih terus bergelut dengan permasalahannya. “Dalam kondisi seperti itu, nasabah pemegang polis tercundangi, tidak mendapatkan dana yang ditempatkan di perusahaan asuransi Itu,” ungkapnya.

Untuk itu, Anis mendorong perusahaan-perusahaan asuransi, khususnya yang terpilih menerima penghargaan TIA 2020, agar mengantisipasi segala bentuk masalah, terutama dalam hal kinerja keuangan. “Adanya Teropong Insurance Award (TIA) diharapkan bisa menjadi sarana informasi kepada masyarakat dalam memilih perusahaan asuransi yang aman,” kata legislator dari daerah pemilihan DKI Jakarta I Ini.

Sementara itu, Pengamat Perasuransian Irvan Rahardjo, mengungkapkan penilaian terhadap asuransi saat ini berguna mengingat ketidakpastian akibat pandemi saat ini berakibat pada kontraksi ekonomi nasional, bahkan sudah mengarah pada resesi. Untuk itu, penghargaan dilakukan agar masyarakat mengetahui perusahaan asuransi mana yang saat ini masih memiliki kinerja terbaik.”Penghargaan kinerja asuransi memberi arah dan pencerahan pada pilihan publik,” ujarnya.

Irvan menambahkan penyelenggaraan TIA 2020 juga membuka lebar daftar asuransi yang mampu bertahan dari krisis dan menghindari asuransi yang potensial bermasalah. Penilaian itu, kata Irvan, dibuktikan berdasarkan ukuran-ukuran kuantitatif hingga melakukan langkah-langkah inovatif untuk menyesuaikan diri dalam perspektif New Normal.

Ketua Acara TIA 2020, Rihad Wiranto, mengungkapkan acara ini merupakan award perdana yang dilakukan media Teropong Senayan di bidang asuransi. Sebelumnya, kata Rihad, Teropong Senayan pernah menggelar award di bidang politik: Teropong Parlemen Award 2019 dan 2020 serta award di bidang ekonomi: Teropong CSR Award 2020. “Meski fokus di politik parlemen, bukan berarti kami tidak punya perhatian di isu-isu lain seperti ekonomi. Justru politik sebagai entitas ketatanegaraan berelasi dengan bidang-bidang lain, termasuk asuransi. Kita tahu asuransi sendiri jadi salah satu penopang kehidupan bernegara,” katanya.

Rihad menjelaskan Tim Reviewer TIA 2020 menetapkan penghargaan kepada perusahaan asuransi terpilih berdasarkan sejumlah kategori. Seleksi awal dari penilaian ini, berpijak pada performa keuangan perusahaan untuk menentukan daftar kandidat perusahaan terbaik yang jadi pilihan Tim Reviewer.

Berikut daftar perusahaan asuransi penerima penghargaan Teropong Insurance Award 2020 dikelompokkan berdasarkan kategori yang diraih:

A. Asuransi Jiwa dan Umum Tersehat

Indikator penilaian:
1) pertumbuhan pendapatan premi bruto dan modal sendiri, 2) rasio investasi terhadap pendapatan premi, 3) rasio beban terhadap pendapatan premi, 4) rasio pencapaian solvabilitas (Risk Based Capital/RBC), 5) rasio likuiditas (Equity Ratio), dan 6) rasio laba-rugi.

Daftar perusahaan penerima penghargaan:

Asuransi Jiwa
1. PT Prudential Life Assurance
2. PT BNI Life Insurance
3. PT Asuransi Jiwa Manulife
4. PT Car Life Insurance

Asuransi Umum:
1. PT Asuransi Astra Buana
2. PT Asuransi Raksa Pratikara
3. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk
4. PT Asuransi Adira Dinamika Tbk

B. Produk dan Layanan Asuransi Terbaik

Indikator penilaian:
1) Kontinuitas penyempurnan produk-produk asuransi, 2) Mampu bertahan dan berkembang di tengah sengitnya persaingan industri saat ini berkat inovasi produk, serta 3) Penilaian terhadap konsep brand awareness, brand values, dan brand recall.

Daftar perusahaan penerima penghargaan:

1. PT Asuransi Astra Buana
2. PT Asuransi Adira Dinamika TBK
3. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk
4. BPJAMSOSTEK

C. Kategori Inovasi Digital Terbaik

Indikator penilaian:
1) Aktif dalam mengembangkan program digitalisasi terkait dengan model distribusi, 2) Aktif dalam mengembangkan program digitalisasi terkait sistem produksinya, mulai dari perencanaan hingga klaim polis, dan 3) Mampu meningkatkan efisiensi dan perbaikan pelayanan kepada nasabah secara kontinu.

Daftar perusahaan penerima penghargaan:
1. PT Asuransi Astra Buana
2. PT BNI Life Insurance
3. BPJAMSOSTEK
4. PT. Asuransi Adira Dinamika TBK
5. PT Jasa Raharja (Persero)
6. PT Car Life Insurance
7. PT Asuransi Jiwa Manulife
8. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk
9. PT Prudential Life Assurance

D. CEO Terbaik

Indikator penilaian:
(1 Diukur berdasarkan profesionalisme terhadap perusahaan dan industri asuransi, 2) Aktif mengembangkan inovasi produk dan layanan asuransi, dan 3) mampu mempertahankan kualitas kinerja bisnis perusahaan di tengah kondisi pasar yang tak menentu.

Daftar perusahaan penerima penghargaan:
1. PT Asuransi Astra Buana
2. PT BNI Life Insurance
3. BPJAMSOSTEK
4. PT Jasa Raharja (Persero)
5. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

E. Asuransi Peduli Covid-19

Indikator penilaian:
1) Kepedulian kepada tenaga medis yang berjuang menangani Covid-19, 2) Ikut menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, serta 3) Memiliki produk dan layanan terkait penanganan Covid-19.

Daftar perusahaan penerima penghargaan:
1. PT Prudential Life Assurance
2. PT Asuransi Jiwa Manulife

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top