Perbankan

Lagi, Direktur Keuangan dan Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto Penghargaan Sebagai The Best CFO

Lagi, Direktur Keuangan dan Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto Penghargaan Sebagai The Best CFO
Romy Wijayanto (Kanan) menerima penghargaan sebagai Best CFO Kategori Bank Aset Rp50 Triliun sd. < Rp100 Triliun sekaligus sebagai Best of The Best CFO pada kategori yang sama, versi The Finance (Infobank Media Group), pada gelaran "TOP 20 Financial Institution Awards 2023" di Jakarta pada Selasa (14/11/2023)/Sumber Foto: Dok Bank DKI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto menerima penghargaan sebagai The Best Chief Financial Officer (CFO) 2023 Kategori Bank Aset Rp50 Triliun sd < Rp100 Triliun sekaligus sebagai Best of The Best CFO pada kategori yang sama.

Adapun penghargaan tersebut diterima langsung pada gelaran “TOP 20 Financial Institution Awards 2023” yang juga merupakan penghargaan kedua dari Infobank Media Group selama dua tahun berturut-turut di Jakarta, Selasa (22/11/2023).

Sebelumnya, pada 2022 Romy juga menerima penghargaan dari The Finance (Infobank Media Group) sebagai “The Best CFO 2022”. Penghargaan yang diterima ini turut menambah deretan penghargaan individu yang diterima Romy di tahun 2023, yaitu sebagai Indonesia Best CFO 2023 with Predicate: Very Good, bersama 10 (sepuluh) Direktur Keuangan/Chief Financial Officer (CFO) lainnya yang berasal dari berbagai industri dari majalah SWA Indonesia.
Serta pada Februari 2023, juga memperoleh penghargaan sebagai Best Performance CFO 2023 dari majalah Warta Ekonomi secara spesifik atas keberhasilan menjaga konsistensi pertumbuhan keuntungan perseroan.

Gelaran Top 20 Financial Institution 2023 juga menghadirkan sejumlah acara dengan tema besar cyber security, diantaranya sesi keynote speaker dari Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae dengan tema “Peta Jalan Pengelolaan Kemanan Siber di Industri Keuangan” dan sharing remarks dari Direktur Keamanan Siber dan Sandi Keuangan, Perdagangan dan Pariwisata Badan Siber dan Sandi Negara, Edit Prima dengan tema “Cyber Crime: Potensi, Dampak, dan Mitigasinya di Industri Keuangan”.

Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa sektor jasa keuangan memegang peranan penting terhadap kemajuan perekonomian, sehingga apabila terdapat hal-hal yang berpotensi merugikan industri keuangan harus dimitigasi dengan baik.

Menurut Eko, ada tiga persoalan besar, yaitu rendahnya literasi dan inklusi sektor keuangan, rendahnya literasi digital, dan rendahnya literasi mengenai cyber crime. “Hal tersebut akan kita terus dorong, agar literasi meningkat dengan cepat sehingga masyarakat terdidik dan bisa menggunakan instrumen keuangan secara maksimal,” kata Eko lagi.

The Finance menggelar “TOP 20 Financial Institution Awards 2023” sebagai bentuk apresiasi kepada lembaga keuangan yang berhasil bertahan, tumbuh sangat baik, dan besar dengan melihat pada pertumbuhan kinerja bank pada tiga periode terakhir dengan kinerja keuangan mulai 2021, 2022 dan 2023. Meliputi modal inti, kredit yang diberikan, dana pihak ketiga, dan laba tahun berjalan. “Selain itu, penilaian juga menggunakan data peringkat profil manajemen risiko, peringkat nilai komposit GCG, aspek permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas dan aspek efisensi yang dilakukan Perseroan,” terang Eko.

Lebih lanjut, The Finance juga memberi apresiasi khusus kepada figur Chief Financial Officer (CFO) terpilih yang dinilai memberi kontribusi besar terhadap kinerja keuangan perusahaan sehingga perusahaannya mampu tumbuh dan sustainable. Dari sekian banyak CFO dari berbagai perusahan jasa keuangan yang dinilai terbaik oleh kajian “Top 20 Lembaga Keuangan 2023”, The Finance juga memberikan apresiasi sebagai “Top CFO Versi The Finance 2023” terbatas kepada 41 orang CFO terpilih. Dalam menentukan CFO yang masuk dalam daftar Top CFO 2023 yang kemudian dikelompokkan berdasarkan sektor industri dan size perusahaan.

Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat atas penghargaan yang diberikan oleh The Finance Infobank Media Group. ”Penghargaan ini menjadi hasil yang berharga dari langkah kolaborasi seluruh jajaran Manajemen dan insan Bank DKI, dalam menghasilkan pertumbuhan kinerja melalui berbagai inisiatif dan program strategis. Terima kasih juga kami sampaikan kepada segenap Pemegang Saham Pemprov DKI Jakarta, Regulator, OJK, Nasabah, dan seluruh Mitra Kerja atas kepercayaan yang diberikan kepada Bank DKI untuk dapat tumbuh secara berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Romy.

Dalam hal pengelolaan keuangan di Bank DKI, Romy bersama Tim Manajemen telah menyusun roadmap sebagai strategi guna mencapai visi kinerja keuangan secara berkelanjutan, dengan fokus pada 7 strategi utama yakni peningkatan rentabilitas, menjaga likuiditas dan permodalan pada level aman, mengoptimalkan bisnis eksisting, mempersiapkan bank untuk meraih new business opportunity, mendorong terciptanya ekosistem bisnis, serta mempersiapkan SDM yang berkompeten untuk mendukung kinerja bisnis.

Ditambahkannya, Kinerja Keuangan Bank DKI yang tumbuh selama 3 (tiga) tahun terakhir juga tidak lepas dari implementasi Program Transformasi 5.0 yang dilakukan sejak tahun 2021. Sebagai informasi, pada Q3 2023, Bank DKI berhasil mencatatkan kinerja yang positif. Sampai dengan September 2023, penyaluran kredit Bank DKI tumbuh 6,90% menjadi Rp49,96 triliun, dari sebelumnya Rp46,73 triliun pada September 2022.

Melalui strategi ekpansi kredit, perseroan tetap mengelola risiko secara efektif serta melakukan pengawasan secara ketat untuk memastikan kualitas aset yang optimal dengan menjaga Rasio Non Performing Loan (NPL) Gross pada level rendah 1,83% dengan NPL Net sebesar 0,64% pada September 2023.

Atas upaya tersebut, Bank DKI juga berhasil menghimpun pertumbuhan Dana Pihak Ketiga menjadi sebesar Rp63,66 triliun pada September 2023, atau tumbuh sebesar 4,45% dari sebelumnya Rp60,94 triliun di September 2022. Sehingga, berbagai pertumbuhan bisnis tersebut mendorong pertumbuhan total aset sebesar 3,99% dari semula sebesar Rp75,24 triliun per September 2022, menjadi sebesar Rp78,24 triliun per September 2023, seiring membukukan laba sebesar Rp693,27 miliar pada periode yang sama.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi dalam kesempatan berbeda menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diterima oleh Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto sebagai bentuk motivasi bagi seluruh insan Bank DKI. “Penghargaan Best Chief Financial Officer (CFO) 2023 yang diterima Bapak Romy Wijayanto bukan hanya menjadi cerminan hasil kontribusi bagi perusahaan, namun juga pemantik semangat dan motivasi bagi seluruh insan Bank DKI untuk memberikan nilai tambah dan kontribusi bagi Perseroan,” pungkasnya.***

Penulis : Iwan Damiri
Editor   : Kamsari

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top