Nasional

Kunjungi Posko Satgas PON BNPB, Ganip Pastikan Penegakan Disiplin Prokes

Kunjungi Posko Satgas PON BNPB, Ganip Pastikan Penegakan Disiplin Prokes

PAPUA, SUARAINVESTOR.COM- Ketua Satgas Nasional Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M, Senin (4/10/2021) didampingi Tenaga Ahli Kepala BNPB, Andi memantau secara langsung penanganan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Dari Selasa pekan lalu, saya telah memantau prokes di venue PON Papua di Jayapura hingga prokes pembukaan PON yang dipusatkan di Stadion Lukas Enembe,” ungkap Ganip.

Kunjungi Posko Satgas PON BNPB, Ganip Pastikan Penegakan Disiplin Prokes

Ketua Satgas Nasional Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M mengunjungi Posko Satgas Prokes PON Papua XX BNPB disela kujungan kerja dalam rangka penegakan protokol kesehatan (prokes) PON XX Papua, Senin (4/10/2021). (Foto: BNPB)

Penanganan secara khusus Prokes PON Papua tidak cukup hanya sebatas ketika pembukaan saja. Oleh karena itu, sebagai komitmen memastikan Prokes PON Papua berjalan baik, Ganip tetap terus memantau hingga peneyelengaraan pertandingan.

Untuk itu, sekira pukul 10.00 WIT dari Bandara Silas Papare di Sentani, Perwira tinggi TNI Angkatan Darat (AD) ini meneruskan perjalanan ke Bandara Moses Kilangin di Timika menyambangi Satgas Prokes PON Papua BNPB.

Sebelum terbang ke Timika, Ganip mengaku sudah 4 hari berada di Papua memantau secara khusus dengan mengunjungi ke venue-venue PON XX di Jayapura hingga pembukaan PON. “Baru tadi siang ini sampai di Timika,” ucap Ganip.

Sesampainya di Timika, sekira pukul 11.45 WIT, Ganip Warsito mengunjungi Posko Satgas Prokes PON XX Papua wilayah Timika. Ganip memberikan pengarahan kepada para relawan Satgas Prokes PON Papua BNPB.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Supervisor Satgas Prokes PON wilayah Timika BNPB Gunawan Paqih dan Etmon Fire.

Dalam arahannya, Ganip terus menguatkan dan menyemangati para petugas Satgas dan relawan untuk memastikan bahwa penyelengaraan PON XX Pupua aman dari penularan virus corona.

Di Posko Satgas Prokes PON Papua BNPB ini Ganip mengingatkan agar Satgas Prokes PON XX Papua memperhatikan setiap penonton venue pertandingan PON. Bukan hanya sosialisasi dan penerapan disiplin prokes COVID-19 juga harus dipahami dan ditaati masyarakat.

“Juga anak-anak sekolah serta tempat-tempat ibadah untuk dibagikan masker serta edukasi Prokes, sosialisasi 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), serta pengawasan,” tutur Ganip.

Kepada seluruh unsur di Posko Satgas Prokes PON BNPB, Ganip juga menekankan pentingnya tetap menjaga disiplin prokes COVID-19 meski level PPKM diturunkan dan penularan pandemi virus corona sudah sangat jauh berkurang.

Kehadiran Ganip di Timika juag untuk memastikan distribusi alat pelindung diri untuk masyarakat di Timika dan PON XX Papua tersalurkan dengan baik. Sebagai contoh, kata Ganip, sebanyak 400.000 total masker yang telah dibagikan oleh Satgas Prokes PON BNPB khusus untuk wilayah Timika.

BNPB, tegas Ganip berkomitmen agar masyarakat di Timika menjaga dan menaati prokes untuk menghentikan pandemi Covid-19. Khususnya penyelenggaraan PON XX Papua tidak menjadi kluster baru dalam penularan Covid-19.

Ganip menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dan Satgas Prokes PON Papua BNPB yang telah berkontirbusi membagikan masker dan mengawal pertandingan serta mengedukasi para penonton dan masyarakat agar tetap disiplin dalam mematuhi prokes.

Usai meninjau Posko Satgas Prokes COVID-19 di Timika, Ganip beserta rombongan kembali menyempatkan diri meninjau pelaksanaan disiplin prokes COVID-19 di kawasan yang menjadi arena pertandingan (veneu) PON XX Papua.

Ia menyambangi sejumlah veneu cabang olahraga (cabor) di kawasan yang menjadi arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua antara lain Bola Basket, Panjat Tebing dan Terjun Payung.

Penulis : Anto

Editor  : Budiono

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top