Perbankan

Ketua BPK: Peran Parlemen Penting Guna Transparansi dan Akuntabilitas Kebijakan Pemerintah

Ketua BPK: Peran Parlemen Penting Guna Transparansi dan Akuntabilitas Kebijakan Pemerintah
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sekaligus Ketua SAI20 Isma Yatun menyatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Supreme Audit Institution (SAI)20 sudah mengesahkan sejumlah Komunike SAI20 sebagai hasil nyata dari SAI20 yang akan disampaikan kepada komunitas G20./Foto: Dok Pribadi

BALI, SUARAINVESTOR.COM–Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sekaligus Ketua SAI20 Isma Yatun menyatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Supreme Audit Institution (SAI)20 sudah mengesahkan sejumlah Komunike SAI20 sebagai hasil nyata dari SAI20 yang akan disampaikan kepada komunitas G20. Adapun Komunike tersebut fokus pada pemulihan ekonomi, pemulihan dukungan pembangunan berkelanjutan. “Kemarin, Rules of Procedure SAI20 yang merupakan panduan tata kelola internal telah diadopsi. Sedangkan hari ini, KTT SAI20 akan mengesahkan Komunike SAI20 sebagai hasil nyata dari SAI20. Hal itu untuk disampaikan kepada komunitas G20,” kata Isma Yatun dalam sambutannya pada hari kedua KTT SAI20 di Nusa Dua Bali, Selasa, (30/8/2022).

Ditempat yang sama hadir pula, Ketua DPR RI Puan Maharani sekaligus Ketua Parlemen 20 hadir dalam KTT SAI20 ini. Selain Puan, ada juga Wakil Ketua dan Anggota BPK RI, Delegasi dari SAI negara-negara Anggota G20, lalu undangan dari SAI lainnya , Working Groups dan Engagement Groups G20, Organisasi Internasional, serta undangan dari International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI)/ (TBD).

Lebih jauh Doktor Lulusan Universitas Padjajaran ini menambahkan bahwa kegiatan KTT SAI20 dilaksanakan selama dua hari. Dalam KTT ini hadir 12 Supreme Audit Institution (SAI) negara-negara G20, dimana delapan SAI menghadiri langsung dan empat lainnya hadir melalui layar virtual. Parlemen memiliki peran penting dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pembuatan kebijakan pemerintah dan pembelanjaan sektor publik . Oleh karena itu kehadiran dan peran Parlemen20 sangat signifikan dalam komunitas G20. “Sejatinya , Parliament20 dan SAI20 memiliki kepentingan yang sama serta dapat mengukuhkan kolaborasi dalam pemulihan- pemuliha pandemi dan dukungan Agenda 2030 untuk tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dengan demikian, kata Isma Yatun lagi, SAI20 perlu bekerja sama dengan lembaga perwakilan dan pemangku kepentingan lain , untuk menjalankan fungsi independen guna memastikan keberhasilan kebijakan dan program pengawasan negara-negara G20,” ungkapnya.

Terkait dengan situasi pandemi COVID-19 yang mulai mereda, Isma Yatun mengatakan semakin penting bagi pemerintah untuk lebih fokus pada pemulihan ekonomi dan target-target SDGs. Dikatakan, SAI20 hadir untuk berkontribusi secara nyata dalam pemulihan ekonomi dan penyelenggara target SDGs tersebut , yang merupakan dua isu prioritas KTT SAI20 saat ini. “SAI20 merupakan langkah awal untuk memperpanjang nilai dan manfaat SAI dalam mendukung G20. Melalui Komunike, SAI20 menunjukkan peran , komitmen , dan rekomendasi untuk memastikan efektivitas program dan kebijakan G20 , terutama terkait dua isu prioritas SAI20,” jelasnya.

Selain itu Isma Yatun menyebut Komunike SAI20 mendorong pemerintah G20 untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mencapai Agenda 2030 dengan memperbaiki arsitektur kesehatan Indonesia dan global, mempromosikan transisi energi terbarukan dan ekonomi yang lebih hijau , serta memastikan terwujudnya transformasi digital.

Isma Yatun kembali menyatakan SAI20 bertujuan untuk mendorong sinergi antara SAI20 dan komunitas G20 termasuk diantaranya Parliament20. Oleh karena itu, kehadiran Ketua DPR Puan Maharani sebagai Ketua Parlemen20 menunjukkan kebersamaan nyata guna menghadapi tantangan yang berkembang semakin cepat. “Dengan semangat “Recover Together, Recover Stronger”, kami berharap , KTT SAI20 akan menjadi tidak penting bagi komunitas SAI2 untuk berkontribusi lebih signifikan kepada komunitas global,”imbuhnya. ***

Penulis   : Iwan Damiri
Editor     : Eko

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top