Nasional

Jelang Konferwil PWNU Jakarta, Pengamat: Pilih Kandidat Bermoral dan Berintegritas

Jelang Konferwil PWNU Jakarta, Pengamat: Pilih Kandidat Bermoral dan Berintegritas
beritasatu.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM--Konferensi Wilayah (Konfewil) PWNU DKI Jakarta yang akan digelar 2 April 2021 tinggal beberapa hari lagi. Karena itu warga Nahdliyin perlu hati-hati dan cermat, alias jangan sampai salah memilih pimpinan NU Jakarta. “Terutama soal moral dan integritas calon kandidat. Ini yang paling penting,” kata Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Seperti diketahui beberapa kandidat yang bertarung, diantaranya Marullah Matali (Sekda DKI Jakarta), Dr Syamsul Maarif (Dosen salah satu Universitas di Jakarta), Zainal Arifin Naim, H Tatang Hidayat (Kader NU dan Mantan Ketua GP ANSOR), Nusron Wahid(Politisi Golkar), Jazilul Fawaid (Wakil Ketua MPR).

Namun seiring dengan waktu, saat ini ada sekitar tiga kandidat yang cukup kuat. Sehingga pertarungan makin panas. “Ada baiknya yang tidak tersangkut dengan kasus-kasus hukum, apalagi pernah dipanggil KPK. Tentu akan menjadi beban berat bagi PWNU Jakarta ke depan,” ujarnya.

Menurut Pangi, NU merupakan organisasi yang didirikan para alim ulama, sebaiknya lebih mengedepankan etika dan moral. “Konferwil NU Jakarta harus menjauhi cara-cara yang tidak santun, apalagi melakukan politik transaksional. Ini jelas tidak menjunjung marwah yang dibawa para ulama,” terangnya.

Lebih jauh Direktur eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini mengingatkan agar peraturan organisasi menjadi patokan yang sangat penting guna menjaga wibawa. Sehingga persoalan larangan rangkap jabatan harus menjadi perhatian yang serius. “Jadi tidak etis, jika mengakali aturan demi ambisi kekuasaan,” pungkasnya. ***

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top