Market

Imbas Covid-19, Wisata MICE Harus Pikirkan Langkah Baru Agar Bisa Selamat

Imbas Covid-19, Wisata MICE Harus Pikirkan Langkah Baru Agar Bisa Selamat

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Sektor industri pariwisata paling terdampak dari pandemi Covid-19. Karena itu, pengusaha penyedia jasa penyedia jasa meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE) perlu memikirkan langkah dan strategi baru. “Tentunya ini perlu dipikirkan modus baru agar segmen pariwisata tersebut bisa tetap dilakukan,” kata Pengamat pariwisata Sapta Nirwandar dalam diskusi daring di Jakarta, Sabtu,(9/5/2020)

Dengan menerakan strategi dan kiat-kiat tertentu, maka usaha tersebut bisa bertahan dan bisa mengikuti protokol kesehatan di era pandemi Covid-19. “Segmen MICE paling kerepotan dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tambahnya.

Salah satu alasan segmen MICE kerepotan, dalam menerapkan protokol kesehatan, kata Sapta, karena gelaran acara yang mereka selenggarakan harus menarik pengunjung atau massa dalam jumlah banyak.

Menurut dia segmen-segmen pariwisata lainnya di Indonesia seperti wisata alam, budaya, destinasi wisata karya manusia bisa cocok atau sesuai dengan protokol kesehatan seperti diving, kemudian taman hiburan atau museum yang jumlah pengunjungnya bisa diatur.

Menurut mantan wakil menteri pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut, kendati sejumlah acara seperti Formula One atau F1 yang dilakukan secara virtual, pihak penyelenggara tentunya tidak merasa puas karena inti pariwisata MICE adalah mendatangkan massa atau pengunjung dalam jumlah besar.

Memang kemungkinan masih terdapat peluang untuk sektor MICE yang berfokus pada event-event limited seat atau kapasitas penonton yang terbatas,namun hal-hal ini perlu dicoba dengan mengikuti berbagai protokol kesehatan.

Sebelumnya Industri penyedia jasa meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE) di Jakarta, melakukan sejumlah antisipasi untuk menghindari merebaknya virus corona atau COVID-19. ***

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top