Headline

Harga Sembako Bergejolak, Hafisz Prediksi Inflasi Akhir 2021 Bisa Tinggi

Harga Sembako Bergejolak, Hafisz Prediksi Inflasi Akhir 2021 Bisa Tinggi
Hafisz Tohir Bersama Para Konstituen di Sumsel/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Ekonomi masyarakat baru saja bangkit dari dampak pandemi Covid-19. Namun langsung dihantam dengan kenaikan harga sejumlah bahan pokok, seperti minyak goreng, telur hingga cabai. “Tentu menyedihkan, karena menjelang tutup tahun 2021, beban makin bertambah berat,” kata Anggota Komisi XI DPR, Achmad Hafisz Tohir kepada suarainvestor.com, Kamis (30/12/2022).

Padahal pada awalnya, kata HT-sapaan akrabnya, mengaku sangat gembira karena di tengah pandemi ini, serapan pajak bisa tercapai 100% diakhir tahun ini. “Menurut saya ini sangat membanggakan,” ujar Hafisz.

Namun, Politisi PAN ini mengaku kecewa karena masyarakat justru harus menutup tahun ini kesedihan akibat naiknya harga beberapa bahan pokok. “Pengaruhnya cukup besar, terutama para pelaku usaha yang menggunakan sembako tersebut. Apalagi gejolak harga yang tak terkendali, bisa membuat tekanan inflasi semakin tinggi,” ujar Hafisz.

Lebih jauh Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini mendesak pemerintah agar
memberikan jaminan ketersediaan dan mengendalikan harga sembako agar kembali stabil. “Yang punya kekuatan untuk itu hanya pemerintah. Karena pemerintah mempunyai kemampuan yang besar,” ujarnya.

Pemerintah harus tampil meredam gejolak harga sembako guna mengurangi beban dan memberi ketenangan warga. Apalagi naiknya harga sembako diprediksi masih terus naik hingga awal tahun depan. “Saat ini harga minyak goreng maupun telur sangat tinggi. Oleh sebab itu, harus segera dicarikan solusinya,” katanya.

Karena menurut Hafisz, dalam UUD 1954 jelas disebutkan bahwa setiap warga negara berhak memiliki kehidupan yang layak, dan negara wajib hadir dalam menjamin ketersediaan kebutuhan pokok. “Harusnya pemerintah telah melakukan persiapan untuk menyambut hari-hari besar itu, sehingga perubahan harga drastis seperti saat ini, tidak terjadi lagi. Bukannya seperti saat ini, masalah yang sama selalu terjadi pada setiap hari hari besar,” katanya. ***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor    : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top