Market

Gandeng Platform Kesehatan, Kemenparekraf: Vaksinasi Pekerja Wisata Dorong Pemulihan Ekonomi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Program vaksin gratis bagi lansia dan pekerja wisata mendapat respon dari berbagai platform digital kesehatan. Kemitraan antara swasta dan pemerintah ini sangat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Setidaknya tiga platform digital kesehatan, yakni Alodokter, Homecare24 dan Medithru bersinergi dengan Kemenparekraf dan Kemenkes dalam rangka memulihkan situasi dari pandemi. “Saya berharap kemitraan ini akan membantu pemerintah melakukan proses monitoring dan evaluasi, sehingga pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bisa berlangsung secara efektif, efisien dan tepat sasaran,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dalam sambutan tertulis dalam. peluncuran “Drive-thru Vaksin Covid-19 Gratis” dan penandatangan kerjasama vaksinasi gratis bersama 3 platform digital kesehatan dan Kadin Jakarta Pusat, di Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Diakui Sandiaga, industri pariwisata merupakan sektor yang paling terdampak pandemi. Penurunan jumlah wisatawan mancanegara dan domestik telah melumpuhkan perekonomian masyarakat daerah yang menjadi destinasi wisata. “Kemenparekraf memiliki misi pada masa pandemi ini untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap pariwisata tanpa mengesampingkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Adapun 10 daerah destinasi wisata yang menjadi target program vaksinasi untuk pekerja wisata antara lain, Parapat (Danau Toba), Magelang (Borobudur), Yogyakarta, Labuhan Bajo (NTT), Sulawesi Utara, Papua, Jakarta dan lain-lainnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Jakarta Pusat, Victor Aritonang mendukung langkah swasta yang berkolaborasi dengan pemerintah untuk cepat memulihkan ekonomi nasional.

Namun Victor mengingatkan pentingnya basis data peserta vaksinasi mengingat program vaksin gratis bagi kaum lansia dan pekerja wisata itu akan melibatkan ratusan ribu orang.

“Pesan saya, dalam pelaksanaan vaksinasi nanti waspadai database. Database jangan sampai bermasalah karena niat baik membantu pemerintah bisa gagal kalau tidak hati-hati dengan basis data perserta,” katanya.

Dia memprediksi kalau vaksinasi berjalan baik maka ekonomi Jakarta bisa tumbuh di atas tiga persen dan industri pariwisata di Ibukota bisa bergairah kembali seperti biasa.
“Harapan kita bisa tumbuh tiga sampai empat persen saja sudah bagus samlai akhir 2021,” katanya.

Sedangkan Presdir Alodocter Suci Arumsari menegaskan kolaborasi ini merupakan salah bentuk apresiasi. Karena dipercaya ikut serta menyukseskan program Vaksinasi Gratis dari pemerintah. “Integrasi program untuk buat janji vaksinasi beserta edukasinya telah selesai dilakukan di Booking platform milik Alodokter,” ujarnya.

Lebih jauh Suci berharap akselerasi digital ini dapat mempermudah dan mempercepat vaksinasi warga Indonesia. Dengan program ini, Alodokter juga berharap ekosistem pariwisata Indonesia bisa segera kembali normal.” ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top