Investasi

Gandeng Investor Kazakhstan, PKN Dukung Pembangunan IKN Nusantara Ramah Lingkungan

Gandeng Investor Kazakhstan, PKN Dukung Pembangunan IKN Nusantara Ramah Lingkungan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM
Kondisi polusi Jakarta yang pekat menjadikan kualitas udara semakin buruk, sehingga berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat. Karena itu langkah pemerintah memindahkan Ibukota Negara ke Kalimantan dengan menggandeng Investor Kazakhstan dinilai sebagai kebijakan yang tepat. “PKN percaya pemindahan ibukota adalah langkah strategis yang tak hanya akan mengatasi permasalahan Jakarta, tetapi juga akan memberikan dampak positif pada keseluruhan keberlanjutan Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Partai Kebangkita Nasional (PKN), Sri Mulyono didamping Wasekjen Gusti Lesek, pegiat medsos dan Duta Lingkungan Kazakhstan, Dayana Assembayeva di Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Lebih jauh Sri Mulyono secara tegas menyebut bahwa PKN mendukung pembangunan IKN Nusantara berbasih ramah lingkungan. “Kita mencontoh pembangunan Ibukota Astana dari Negara Kazakhstan yang dibangun 25 tahun lalu dan rencananya pembangunan IKN ini mengambil konsep sisters city,” ujarnya.

Disinggung soal jumlah investor dari Kazakhstan, Sri Mulyono mengakui secara implisit bahwa ada banyak investor dari sektor bisnis untuk ikut berpartisipasi membangun IKN Nusantara. “Saya tidak bisa menyebutkan nama-nama investor itu, karena bukan wewenang saya, itu kewenangan dari pemerintah,” paparnya lagi.

Sri Mulyono menegaskan bahwa PKN percaya pemindahan ibukota adalah langkah strategis yang tak hanya akan mengatasi permasalahan Jakarta, tetapi juga akan memberikan dampak positif pada keseluruhan keberlanjutan Indonesia.
“Sebagai bagian dari komitmen untuk mewujudkan visi ini, PKN memandang bahwa pendekatan ibukota nusantara adalah jalan yang tepat,” ucapnya.

Konsep ini harus mengedepankan penggunaan energi bersih dan berkelanjutan dengan memanfaatkan sumber daya seperti natural gas dan solar panel. Penggunaan natural gas sebagai sumber energi akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara, sementara penggunaan solar panel akan memanfaatkan sumber energi terbarukan yang melimpah di wilayah Nusantara.

Salah satu komponen penting dari visi ibukota nusantara adalah pengembangan sistem transportasi umum yang efisien dan ramah lingkungan, serta penggunaan kendaraan listrik (electrical vehicle) sebagai bagian dari upaya menjaga gaya hidup berkelanjutan. PKN yakin bahwa penggunaan kendaraan listrik akan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi polusi udara di kota-kota.

Dengan infrastruktur pengisian kendaraan listrik yang luas dan efisien, penduduk dan pengunjung ibukota baru akan dapat dengan mudah mengakses transportasi berkelanjutan.

Pemindahan ibukota ke lokasi di luar Jawa juga sejalan dengan semangat Indonesia Centris, yang mengusung gagasan bahwa Indonesia tidak hanya berpusat di Pulau Jawa. Dengan adanya pemindahan ibukota, Indonesia dapat lebih meratakan pembangunan dan mengakselerasi perkembangan daerah-daerah di luar Jawa.

Dalam konteks politik nasional yang semakin sibuk dengan maraknya partai politik membahas kandidat presiden, PKN menegaskan diri sebagai satu-satunya partai yang memiliki fokus yang jelas terhadap kondisi Jakarta, Indonesia, dan bumi ini yang semakin mengkhawatirkan. PKN melihat bahwa rencana ibukota nusantara ini adalah kepentingan umum yang tidak hanya berdampak dalam jangka waktu 5-10 tahun, tetapi juga akan membawa manfaat jauh ke depan, hingga ratusan tahun mendatang, bagi anak cucu kita.

PKN dengan tegas mengajak seluruh kalangan, dari berbagai lapisan masyarakat, untuk bersama-sama mendukung gerakan energi baru nusantara demi Indonesia dan Nusantara yang lebih baik. Gerakan ini melibatkan aspek ekonomi, politik, pemerintahan, lingkungan, dan berbagai sektor penting lainnya.

Dalam semangat ini, PKN juga merangkul kerjasama dengan Dayana sebagai duta lingkungan dari Astana Kazakahstan sebagai sister city IKN, yang sejalan dengan komitmen PKN terhadap ibukota nusantara yang berkelanjutan.

Selain itu, PKN juga mengajak seluruh masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih calon anggota dewan dan calon presiden. PKN mendorong agar masyarakat memberikan suara mereka kepada para pemimpin yang memiliki concern yang kuat terhadap isu lingkungan, serta berkomitmen untuk mewujudkan solusi berkelanjutan bagi tantangan ekologi yang dihadapi oleh negeri ini.

Dengan dukungan politik yang kuat terhadap isu lingkungan, kita dapat memastikan bahwa langkah-langkah nyata diambil untuk mewariskan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang.
Dalam rangka mencapai tujuan ini, PKN akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak, mendorong inovasi, dan menginspirasi perubahan positif dalam upaya menciptakan ibukota nusantara yang ramah lingkungan, dinamis, dan berkelanjutan.

PKN bangga menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dengan semangat untuk merdeka dan berdiri di kaki sendiri dari segala masalah bangsa, dan siap berkontribusi nyata dalam membentuk masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi Indonesia dan Nusantara.***

Penulis : Iwan Damiri
Editor   : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top