Nasional

FPPP DPR Kutuk Aneksasi Israel Atas Tepi Barat Palestina

FPPP DPR Kutuk Aneksasi Israel Atas Tepi Barat Palestina

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Anggota Komisi I DPR FPPP H. Syaifullah Tamliha mengutuk keras rencana Israel mencaplok Tepi Barat Palestina. Israel merupakan negara munafik yang selalu ingkar janji terhadap perjanjian dengan Palestina, terutama terkait garis batas tahun 1967.

“Rencana pencaplokan itu menimbulkan ketegangan politik internasional. Sehingga penyelesaian konflik (Palestina dan Israel semakin sulit. Padahal pencaplokan itu bertentangan dengan resolusi dan hukum internasional PBB,” tegas Tamliha, Kamis (11/6).

Sikap Israel itu juga merusak mimpi warga Palestina yang ingin hidup secara damai dan mendapatkan haknya.

Karena itu, FPPP mendukung upaya pemerintah Indonesia menolak rencana Israel mencaplok Tepi Barat dan pemenuhan hak warga Palestina. “Melalui surat, Menlu mengajak 30 negara sahabat untuk bersama-sama membendung rencana Israel menganeksasi Tepi Barat Palestina tersebut,” kata Tamliha.

Menurut Tamliha, sikap Indonesia itu sejalan dengan politik luar negeri terkait Palestina sangat jelas dan konsisten sejak Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, bahwa Indonesia hanya mengakui negara Palestina dan menolak keras ‘pendudukan’ Israel atas Palestina.

Prinsip tersebut lanjut Tamliha, tidak akan pernah berubah sepanjang Pembukaan UUD NRI (Negara Republik Indonesia) 1945 tetap berbunyi bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Indonesia juga saat ini bahkan telah membuka Konsul Kehormatan Indonesia untuk Palestina berkedudukan di Ramallah.

“Jadi, kami mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berdoa agar rakyat Palestina memperoleh kemerdekaan negaranya dan bisa hidup secara damai. Palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia selain Mesir,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top