Nasional

MPR Minta Pemerintah Kaji Tapera yang Dinilai Beratkan Masyarakat

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang dinilai memberatkan sejumlah pekerja maupun pemberi kerja, MPR RI minta pemerintah mengkaji dan mempelajari keluhan dan keberatan tersebut.

“Pemerintah harus melakukan pengelolaan dana yang kredibel dan transparan, serta melakukan pengawasan yang ketat terhadap dana Tapera,” tegas Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Kamis (11/6/2020).

Setidaknya kata Bamsoet, pemerintah bisa menjelaskan pentingnya masyarakat mempunyai Tapera serta mensosialisasikan implementasi dana Tapera kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana proses pengelolaan dan penggunaan dana Tapera tersebut.

Untuk itu, pemerintah agar bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan/OJK dan manajemen investasi dalam melakukan pengelolaan dan pengawasan dana Tapera, dan mempertimbangkan kondisi ekonomi maupun hasil investasi.

“Jadi, pemerintah harus berkomitmen memenuhi janji-janji yang diberikan untuk masyarakat dari dana Tapera. Seperti bunga dari peserta akan lebih tinggi dibandingkan bunga bank, dan peserta berkategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa mendapat pembiayaan dengan suku bunga kredit yang rendah,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top